HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI

Wahiudin Pasiori, Jamiludin Jamiludin, Citra Marhan

Abstract


Wahiudin Pasiori (A1R1 15 032), “Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri dan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan problem focused coping. Responden dalam penelitian ini adalah 95 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala efikasi diri dan skala problem focused coping. Skala efikasi diri memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,937 dan skala problem focused coping memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,920 Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara efikasi diri dan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (r = 0,858, p = 0,000).

 

Kata Kunci: efikasi diri, problem focused coping, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi


Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bandura, A. (1995). Self-Efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press.

Chu, R., & Chao, L. (2011). Managing stress and maintaining well-being: Social support problem-focused coping, and avoidant coping. Journal of Counseling and Development,89(3).

Kadili, N. D. (2018). Kecerdasan emosional dan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Lyrakos, D. G., (2013). The impact of stress, social support, self-efficacy and coping on University Students, a Multicultural European Study. Psychology, 3(2), 143-149.

Mastuti, N. P. (2010). Hubungan efikasi diri dengan problem focus coping dalam menyusun skripsi pada mahasiswa psikologi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Prastuti, A. P., & Taufik. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosi dan problem focus coping dengan perilaku delinkuen pada siswa smp. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(1), 15-23.

Putri, A. N., & Purba, D. E. (2017). The mediating effect of problem-focused coping on the relationship between job insecurity and impression management. Advances in Social Science, Education and Humanities Research,139, 271-276.

Rahmandani, A., Karyono., & Dewi, E. A. (2010). Strategi penanggulangan (coping) pada ibu yang mengalami postpartum blues di rumah sakit umum daerah kota semarang. Universitas Diponegoro, Semarang.

Rezaei, S. G., Mousavi, S. S., Safari, F., Bahrami, H., & Menshadi, S. M. (2015). Study of relationship between optimism, pessimism and coping strategies with mental health among University Students of Lorestan. Open Journal of Social Sciences, 3, 190-195.

Semaraputri, S. A. & Rustika, I. M. (2018). Peran problem focused coping dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada remaja akhir yang menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana. 5(1), 35-47.

Shimazu, A. & Schaufeli, W. B. (2007). Does distraction facilitate problem focused coping with job Stress? A 1 year longitudinal study. Journal of Psychology, 30, 423–434. DOI10.1007/s10865-007-9109-4.

Suwarsi, S., & Handayani, A. (2017). Hubungan antara optimisme dan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Proyeksi, 12(1), 35-44.

Ulfah, S. H. (2010). Efikasi diri mahasiswa yang bekerja pada saat penyusunan skripsi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Wangid, M. N., & Sugiyanto. (2013). Identifikasi hambatan struktural dan kultural mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SUBLIMAPSI

Jurnal Sublimapsi Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Sublimapsi byhttp://ojs.uho.ac.id/index.php/sublimapsi was distributed under aCreative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
Jurusan Psikologi FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Email: sublimapsi@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp):

Smiley face