HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MENHADAPI MASA BERAKHIRNYA KONTRAK KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN KONTRAK (PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PENGENDALIAN PEMBANGKITAN KENDARI

Azahra Rezhya Arta Mevia Razak, Aspin Aspin, Citra Marhan

Abstract


Karyawan kontrak rentan mengalami kecemasan karena mereka khawatir akan nasibnya dikemudian hari apabila kontrak tidak diperpanjang, akibatnya manifestasi dari kecemasan menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja akan menyebabkan penurunan kinerja karyawan kontrak, apabila fungsi kognitif pada karyawan kontrak tidak berjalandengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja dengan kinerja karyawan kontrak pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Kendari. Penelitian ini dilakukan pada 74 karyawan kontrak PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Kendari. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif korelasional.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakann skala TMAS (Taylor Manifest Anxiety Scale) dan skala kinerja karyawan kontrak. Data hasil penelitian dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,634. Nilai tersebut lebih besar dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan antara kecemasan menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja dengan kinerja karyawan kontrak.

 

Kata Kunci: Kecemasan, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Asaroh, Umi. (2012). Pengaruh Penempatan Sumber Daya Manusia Terhadap Semangat Kerja Guru dan Karyawan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsn) Tanjung Tani - Nganjuk. Jurnal Ilmu Manajemen, Revitalisasi. 1 (1): 265-281.

Bungin, B. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitaf. Surabaya: Kencana Prenadamedia Group.

Darajat, Z. (1985). Kesehatan Mental. Jakarta: PT Gunung Agung.

Feist, J. & Feist, G. J. (2016). Teori Kepribadian Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Herawati, R. (2010). Kontrak dan Outsourcing Harus Makin Diwaspadai. Bandung: Akatiga Pusat Analisis Sosial.

Ndraha, T. (1999). Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Nevid, J.S., Rathus, S.A. & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Ruhana, I., Hamid, D., Putra, B. (2015). Analisis Perbandingan Prestasi Kerja Karyawan Kontrak Dengan Karyawan Tetap. Jurnal Administrasi Bisnis. 26, 1.

Sriwaty, I. (2015). Pengaruh Psikoedukasi Monopause Dan Relaksasi Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Wanita Perimenopause. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Profesi Psikologi. Universitas Ahmad Dahlan.

Wahyunigtyas, S., & Utami, H. N. (2018). Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan Kontrak Dengan Kinerja Karyawan Tetap (Studi Pada Karyawan Bank BRI Kantor Cabang Malang Kawi). Jurnal Administrasi Bisnis. 60, 3.

Werther, M. B. & Keith, D. (1996). Human Resources And Personal Management. International Edition. McGraw-Hill, Inc. USA.

Yuliarti, V. & Mulyana, P. (2014). Hubungan Antara Kecemasan Menghadapi Pensiun Dengan Semangat Kerja Pada Pegawai PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Surabaya. Jurnal Karakter, 3 (2), 27-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SUBLIMAPSI

Jurnal Sublimapsi Indexed By

Smiley faceSmiley faceSmiley faceSmiley face

About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Sublimapsi byhttp://ojs.uho.ac.id/index.php/sublimapsi was distributed under aCreative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit
Jurusan Psikologi FKIP Universitas Halu Oleo

Alamat Redaksi
Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari, Email: sublimapsi@uho.ac.id

Support Contact (WhatsApp):

Smiley face