Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Sublimapsi?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN Jurnal Sublimapsi

 

Artikel Jurnal

1. Naskah artikel merupakan hasil penelitian akademik bidang Psikologi yang memberikan kontribusi kebaruan dalam pengembangan akadimik baik dari segi teoritis maupun aplikatif. Artikel harus memiliki kalimat yang jelas dan lugas untuk menghindari ambiguitas.

2. Artikel dapat ditulis bahasa Indonesia sebanyak 9-12 halaman kertas A4 (1 spasi). Artikel dilengkapi dengan abstrak (sekitar 200) dan kata kunci.

 

Struktur artikel Jurnal

1. Judul. Judul harus jelas dan informatif, tetapi tidak melebihi 12 kata.

2.  Nama penulis harus disertai dengan institusi penulis dan akun email, tanpa gelar akademis.

3. Abstrak dan kata kunci. Abstrak harus sekitar 200. Harap berikan abstrak dalam versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci harus terdiri dari 3 sampai 5 kata atau frase.

4. Pendahuluan terdiri dari beberapa paragraf yang memuat: permasalahan yang diteliti, Tujuan penelitian, kajian pustaka yang relevan, hipotesis (pertanyaan penelitian). Ini harus ditulis tanpa numbers adan pointers.

5. Metode. Metode penelitian dalam pendekatan kuantitatif memuat uraian tentang identifikasi variabel; populasi, sampel, teknik pengambilan sampel; metode, alat ukur dan jumlah aitem; validasi dan reabilitas instrumen; dan metode analisis data. Metode penelitian dalam pendekatan kualitatif memuat beberapa hal terkait: penjelasan bentuk pendekatan kualitatif yang dilakukan; partisipan penelitian; metode dan alat pengumpulan data; validasi dan reliabilitas; dan metode analisis data.

6.  Hasil penelitian terdiri dari statistika deskriptif misalnya frekuensi, rata-rata dan standar deviasi, hasil uji asumsi, dan hasil uji hipotesis kemudian dianalisis secara kritis dipaparkan secara berurutan atau terpadu. Paparan bagian hasil berisi hasil analisis data. Jika penelitian kualitatif, temuan penelitian dapat disampaikan dalam bentuk pola, tema, kecenderungan, dan motif yang muncul dari data. Isi pembahasan merupakan penjelasan mengenai temuan penelitian, dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya dan dianalisis secara kritis berdasarkan literatur terkini yang relevan.   Pembahasan juga dapat dilakukan dengan mengkontraskan antar penemuan penelitian yang telah dilakukan dengan hasil penelitian penulis.

7. Tabel/ bagan/ gambar berisi paparan hasil analisis yang sudah bermakna dan mudah dipahami secara cepat. 

8.  Kesimpulan dibuat secara ringkas, jelas, dan padat untuk menjawab tujuan, bukan mengulang teoriKesimpulan dibuat dalam bentuk alinea (bukan numerik), serta lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu psikologi, diutamakan implikasinya dalam kehidupan tanpa menyertakan angka statistik.

8.  Bagian ini hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk, minimal 15 rujukan yang berasal dari jurnal penelitian 10 tahun terakhir, 90% diantaranya merupakan sumber primer. Silakan gunakan manajer referensi untuk mengatur referensi Anda, seperti: Mendeley, Zotero, Endnote. 

9. Referensi, Tabel, dan Gambar harus mengikuti American Psychological Association Style .

 

Cara mengirim artikel

1. Naskah dalam microsoft word harus dikirim ke Jurnal Sublimapsi di http://ojs.uho.ac.id/index.php/sublimapsi/index

2. Penulis artikel dapat mengirim artikelnya jika Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh Penulis telah dikirim di-email : sublimapsi@uho.ac.id dengan format PDF dan telah menerima konfirmasi dari pihak pengelolah. 

3. Setelah berkonsultasi dengan peer reviewer, keputusan naskah akan diinformasikan kepada penulis oleh sistem Jurnal Sublimapsi OJS.

 

UNDUH Dokument :

UNDUH TEMPLATE  

UNDUH SURAT PERNYATAAN

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.