PENGARUH ASPEK ADMINISTRASI DAN TEKNIS TERHADAP KINERJA KONTRAKTOR DI KOTA KENDARI

Saldi Saldi, La Ode Muh. Magribi, Abdul Kadir

Abstract


ABSTRAK

Administrasi diartikan sebagai peran tenaga teknis, tenaga yang mempunyai pengalaman dan memiliki modal dalam melaksanakan proyek pelaksanaan kegiatan berdasarkan aturan, mekanisme ataupun tata cara yang telah ditetapkan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah. Teknis adalah peralatan yg dimiliki kontraktor dan menyediakan standar kesehatan dan keselamatan kerja untuk meningkatkan keselamatan kerja. Kinerja adalah mengukur bagaimana pengaruh aspek administrasi dan teknis terhadap kinerja yaitu ketepatan waktu dan hasil kinerja yang diselelesaikan dalam lima tahun terakhir.

Pelaksana atau kontraktor dalam UU LPJK No. 3 Tahun 2017 tentang jasa kontruksi adalah penyedia jasa orang perseorangan atau badan usaha yang dinyatakan ahli yang profesional dibidang pelaksanaan jasa kontruksi yang mampu menyelenggarakan kegiatannya untuk mewujudkan suatu hasil perencanaan menjadi bentuk bangunan atau bentuk fisik lainnya. Pelaksana adalah suatu badan hukum atau penawar yang memiliki klasifikasi dan keahlian dalam pelaksanaan yang telah ditunjuk oleh pemilik atau pemimpin proyek/pemimpin bagian proyek dan menandatangani kontrak untuk melaksanakan pekerjaan di Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari.

Dalam perkembangan Kota Kendari dalam industri jasa konstruksi memiliki peranan penting dalam pembangunan. Seiring dengan semakin meningkatnya pekerjaan konstruksi kebutuhan tenaga kerjapun mengalami peningkatan, utamanya adalah pada tenaga kerja konstruksi yang berkompeten akan banyak dibutuhkan guna kelancaran seluruh pekerjaan konstruksi. Dikarenakan dalam industri konstruksi, tenaga kerja dan peralatan merupakan faktor kunci yang menentukan penyelesaian suatu proyek konstruksi, hal ini berhubungan dengan produktivitas yang bisa mereka hasilkan. Maka dipandang perlu untuk mengetahui kinerja kontraktor yang ada di Kota Kendari

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Mengetahui karateristik perusahaan kontraktor yang ada di Kota Kendari, Mengetahui pengaruh aspek administrasi dan teknis terhadap kinerja kontraktor di Kota Kendari,  Merumuskan langkah – langkah yang dapat di ambil untuk mengoptimalkan kinerja kontraktor, metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode yaitu Structural Equation Modeling AMOS.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh aspek administrasi positif 0.601 dan teknis positif 0.781 terhadap kinerja kontraktor yang di dukung dengan beberapa pertanyaan. langkah – langkah yang dapat di ambil untuk mengoptimalkan kinerja kontraktor di Kota Kendari adalah membuat sistem website data base nama tenaga kontrak dalam melaksanakan pekerjaan dan teknis perlu di pertahankan dalam rangka menjaga kinerja kontraktor di Kota Kendari.

 

Kata Kunci : Karateristik, Kinerja, Pengaruh


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id