TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS KENDARI (PT. Pelabuhan Indonesia IV Kendari)

Ld. M. Nurakhmad Arsyad

Abstract


Abstrak

Potensi daerah yang demikian besar tersebut haruslah didukung dengan sarana dan prasarana transportasi yang memadai bila ingin berkembang, salahsatu fasilitas transportasi yang sejak dahulu kala terbukti handal dan mampu mendukung perkembangan daerah adalah sarana pelabuhan yang dalam hal ini pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara. Salah satu fasilitas andalan dari Pelabuhan Kendari adalah  adanya Terminal Peti Kemas Sulawesi Tenggara, dalam perkembangannya Terminal  Peti   Kemas  Sulawesi Tenggara   ditetapkan  sebagai  unit   bisnis  terpisah  dari manajemen Pelabuhan Kendari  Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan yang menggunakan jasa PT.Pelindo Pelabuhan Peti Kemas Kendari

Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri atas Realibility (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Emphaty (X4), dan Tangible (X5) secara bersama- sama memiliki pengaruh yang positif. Di mana persamaan regresi Y= 4,624 + 0,229X1 + 0,182X2 + 0,353X3 - 0,392X4 + 0,200X5 + 1,516. Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (t), semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikan untuk  Realibility  sebesar  0,002  atau  0,2%;  Responsiveness  sebesar  0,045  atau  4,5%; Assurance sebesar 0,000 atau 0%; Emphaty 0,000 atau 0% dan Tangible sebesar 0,001 atau 0,1%.

 

Kata kunci: Kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id