ENGINEERING PROPERTIES PADA TANAH SEBAGAI SUBGRADE DENGAN VARIASI CLAY CONTENT

Muh. Akbar Kurdin, Siti Nurjanah Ahmad

Abstract


Abstrak

 

Tanah adalah suatu sistem yang dinamis, tersusun dari empat bahan utama yaitu bahan mineral, bahan organik, air dan udara. Bahan-bahan penyusun tanah tersebut masing-masing berbeda komposisinya untuk setiap jenis, kadar air dan perlakuan terhadap tanah. Penggunaan kadar lempung berpengaruh pada kekuatan geser tanah, kohesi dan sudut geser tanah yang secara linier dapat  memberikan kekuatan yang baik terhadap tanah.Teknik yang digunakan dengan penggunaan kadar lempung merupakan upaya untuk melihat pengaruh kekuatan kapasitas tahanan tanah yang berpengaruh pada material dasar berdirinya suatu bangunan.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui daya dukung tanah dan kekuatan tanah adalah pengaruh dari kadar lempung pada tanah tersebut. Sehingga  dari analisis ini, penambahan dan pengurangan kadar lempung tanah dapat secara efektif dapat digunakan untuk mendapatkan kekuatan geser tanah dan nilai kohesi  sehingga dengan begitu akan dapat mempengaruhi kekuatan tahanan tanah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kadar lempung terhadap karakteristik kekuatan tanah dasar (subgrade), apabila ada penambahan dan pengurangan kadar lempung pada tanah tersebut, serta untuk mengetahui berapa besar pengaruh prosentase penambahan dan pengurangan kadar lempung terhadap karakteristik kekuatan tanah dasar (subgrade) yang telah diambil sampelnya.

Hasil dari penelitian ini adalah nilai indeks plastisitas (Ip) tanah lempung berplastisitas rendah pada proses penambahan dan pengurangan kadar lempung dari kadar lempung tanah asli mengalami peningkatan dan penurunan seiring dengan proses penambahan dan pengurangan prosentase kadar lempung, semakin bertambah prosentase kadar lempung, maka nilai Indeks Plastisitas semakin besar, sebaliknya semakin berkurang prosentase kadar lempung semakin kecil pula indeks plastisitasnya.

 

Kata Kunci: Engineering Properties, Daya Dukung Tanah, Subgrade, Variasi Clay Content


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id