TINJAUAN PERILAKU PEJALAN KAKI DAN PENYEBERANG JALAN PADA KAWASAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HALUOLEO

Siti Nurjanah Ahmad, Try Sugiyarto Soeparyanto

Abstract


Abstrak

 

Dari waktu ke waktu terlihat bahwa perilaku pejalan kaki semakin semrawut dalam melintas jalan maupun menyeberangi jalan, hingga sering menimbulkan kemacetan arus lalulintas dan khusu untuk kawasan sekolah atau kampus perilaku mereka akan menyebabkan kerusakan taman dalam lingkungan kampus.

Tujuan penelitian ini, untuk mengevaluasi berbagai perilaku pejalan kaki dan penyebrang jalan yang melintasi kawasan Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo Kendari yang akan diamati secara langsung dengan cara mengevaluasi karakteristiknya yakni : tingkat keamanan, tingkat kenyamanan dan tingkat kelancaran pejalan kaki.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan survei. Sampel diambil dari mahasiswa pejalan kaki yang berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo, yang berjumlah 71 orang secara acidental sampling dari total sampel 710 orang. 

Hasil Penelitian dari segi umur untuk kelompok umur 18-22 tahun para pejalan kaki sebesar 70,17 % yang merasa aman dalam perjalanan. Sedangkan menurut jenis kelamin, kelompok laki-laki ada 70,17 % yang menyatakan aman dalam berjalan kaki. Untuk perempuan hanya ada 70,27 % yang menyatakan aman.

Ditinjau dari segi umur, dimana pada kelompok umur 18-22 tahun ada 59,64 %  diantara pejalan kaki merasa nyaman dalam perjalanannya dan ada 40,35 % yang merasa tidak nyaman dalam perjalanan mereka.  Sedangkan menurut jenis kelamin, kelompok laki-laki ada 68,96 % yang merasakan nyaman dalam berjalan kaki. Untuk perempuan, hanya ada 56,75 % yang menyatakan nyaman, sisanya 43,24 %  menyatakan tidak nyaman.

Ditinjau dari segi umur antara 18 - 22 tahun, terdapat 71,92 % diantara mereka mengatakan tidak lancar dalam perjalanan mereka ke kampus ataupun perjalanan pulang kembali ke rumah atau ke tempat kost.  Khususnya pada kelompok yang berumur antara 18 - 22 tahun, terdapat 71,92 % diantara mereka mengatakan tidak lancar dalam perjalanan mereka ke kampus ataupun perjalanan pulang.

 

Kata kunci : Pejalan kaki, aman, nyaman, Lancar dan selamat

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id