KAJIAN TERHADAP PERUBAHAN GUNA LAHAN TERHADAP SISTEM TRANSPORTASI (Studi Kasus Ruas Jalan Malaka)

Andi Ikhwan Siddiq, Rudi Balaka, La Welendo

Abstract


Abstract

Study of the change of land use function is meant to assess transportation impact after development  of land use which taken case In this research is around  jl.Malaka as activity system. The evaluation based on density  still pertained goodness as the level degree of saturation  earned  for a few  condition, among others  namely  condition before  the existence of   land  use  with Degree of saturation is equal to DS = 0,255 pcu / hour,then namely  the  condition of existing equal to DS = 0,347 smp / hour  which  increase level the degree of saturation of road   to 0,092 pcu / hour  Including addition of 26 % of vehicle volume effected by change of land use  around  the Malaka street.  Prediction of degree saturation in 5 (five) years show the  DS level existing condition  will  go up  to  0,647 pcu ,up to 0,3 point from base year.

This result show that the level of service of the Malaka street will be influenced by vehicle volume addition equal to 26% effected by change of land use. However this condition  still categorize as very good conditions according to road level of  service which have DS level between  0,6  to  0,7 it pertained of   B level.

Key Word: Volume, Capacity, Level of Service

 

 

Abstrak

Kajian perubahan fungsi tata guna lahan dimaksudkan untuk menilai dampak transportasi pasca pengembangan dan perubahan fungsi tata guna lahan tersebut. Kasus yang diambil sebagai sistem kegiatan dalam penelitian ini adalahlalulintas di sekitaran kawasan ruas Jl.Malaka. Untuk ruas jalan Malaka, jika di tinjau dari segi kepadatan yang terjadi di tiap tahunnya maka dapat di simpulkan bahwa pada ruas jalan ini masih tergolong baik sesuai dengan tingkat derajat kejenuhan yang di dapat dari hasil analisis untuk beberapa kondisi diantaranya pada kondisi beberapa tahun ke belakang yakni sebelum terpengaruh dengan adanya perubahan fungsi lahan di sekitar jalan Malaka dengan Derajat kejenuhan yang di dapat adalah sebesar DS = 0,255 smp/jam, kemudian pada kondisi eksisting sebesar DS = 0,347 smp/jam dengan tingkat kenaikan derajat kejenuhan dari kondisi sebelum perubahan fungsi lahan ke kondisi eksisting adalah sebesar 0,092 smp/jam termasuk dengan tambahan volume kendaraan  akibat perubahan fungsi lahan di sekitar jalan Malaka sebesar 26%.  Prediksi untuk 5 tahun kedepan nilai Derajat kejenuhan (DS) naik sebesar DS = 0,647 smp/jam dengan selisih dari kondisi eksisting ke prediksi unutk 5 tahun kedepan yakni sebesar 0,3 smp/jam.

Hasil ini menunjukkan tingkat pelayanan jalan di lokasi ini dalam 5 tahun ke depan akan dipengaruhi oleh tambahan volume kendaraan sebesar 26% akibat dari pengaruh perubahan fungsi guna lahan.  Meskipun  kondis ini masih dapat di katakan   baik sesuai persyaratan dalam tingkat pelayanan jalan  dimana untuk DS < 0,6 – DS <0,7 maka tingkat pelayanan tergolong  kelas (B).

 

Kata Kunci: Volume, Kapasitas, Dan Tingkat Pelayanan Jalan

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id