TINJAUAN PEMODELAN TARIKAN DAN BANGKITAN PERGERAKAN ARUS LALU LINTAS PADA TATA GUNA LAHAN SMP NEGERI DI KOTA KENDARI

La Ode Musa Rachmat

Abstract


Abstract

 

Junior High School is one of the education facilities that often have traffic problems. This problem can be prevented if the school site selection is done by considering the estimated attraction and the production of movements that will happen. The purpose  of  this  study  is  to  create  the  trip  attraction  model  and  the  trip production model for vehicles. Survey was conducted in the first ten state secondary schools in Kendari. Analysis results showed the model to forecast the movement of interest toward the junior high school (trip attraction) is Y = -452.908 + 0.506 (X8) + 192.331 (X11), where Y is the number of delivery vehicles, X8 is the total space classes and X11 is the ratio of the number of students in the total classroom. While the model to predict movement from state secondary schools (trip production) is LogY = log 5.002 – 0.552 Log (X3) + 10.270 log (X4) – 10.677 log (X6),  where Y is the number of vehicle pickup, X 3 is the area of school, X4 is the number of class , and X6 is the number of classroom.

 

Keywords: Trip Attraction, Trip Generation, Junior High School, Kendari City

 

Abstrak

 

Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan salah satu sarana pendidikan yang sering mengalami masalah kemacetan lalu lintas terutama pada saat awal masuk sekolah dan pulang sekolah. Hal ini dapat diminimalisir dengan melakukan pemilihan lokasi sekolah dilakukan dengan mempertimbangkan perkiraan tarikan dan bangkitan pergerakan yang akan terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat model tarikan (trip attraction) dan bangkitan pergerakan (trip generation) kendaraan. Survai dilakukan pada sepuluh SMP Negeri di Kota Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dapat digunakan untuk meramalkan pergerakan yang tertarik menuju ke SMP Negeri dengan model tarikan adalah Y = -452,908 + 0,506 (X8) + 192,331 (X11), dimana Y adalah jumlah kendaraan pengantar, X8 adalah luas total ruang kelas dan X11 adalah rasio jumlah siswa dibagi luas total ruang kelas. Sementara model untuk meramalkan pergerakan yang berasal dari SMP Negeri dengan model bangkiran pergerakan adalah Log Y = Log 5,002 – 0,552 Log (X3) + 10,270 Log (X4) – 10,677 Log (X6), dimana Y adalah jumlah kendaraan penjemput, X3 adalah luas sekolah, X4 adalah jumlah kelas, dan X6 adalah jumlah ruang kelas.

 

Kata Kunci: Tarikan, Bangkitan, SMP Negeri, Kota Kendari.

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id