PENINGKATAN DAN PEMELIHARAAN JALAN RUAS JALAN BRIGJEND M. JOENOES KOTA KENDARI

Ridwansyah Nuhun

Abstract


Abstract

Many of the criticisms that have been sent to government institutions in the handling and management of the road , so that a wide range of damage that occurs immediately addressed . In general, there are various causes of road damage because the design life of the road that has been passed , a puddle of water on the road surface which can not flow due to poor drainage , traffic load repetitive berebihan ( overloaded ) which causes a shorter lifespan than the planning path . Improper planning , poor pengawasaan and implementation that is incompatible with the existing plan . Besides the lack of maintenance costs , delays , and budget spending priorities improper handling also the cause . Heat and air temperature , water and rain , as well as the initial product quality is also very poor road influence . Therefore, in addition to planned roads must be properly maintained so as to serve traffic growth over the life of the plan . The purpose of the study was to determine the type of damage that occurs to the pavement surface  Brigjend Moh . Joenoes street and calculate the value of the road pavement condition.

Method used to analyze the value of the condition of the road is a method of Highways issued by the Directorate General of Highways No. . 018/T/BNKT/1990

 .The largest road damage roads are in the right, that is equal to 0.001690 km2 . As for the smallest road damage on the Way to the extensive damage to the left side of 0.000001 km2 . The type of damage that is predominantly found in every street of this is the destruction of cracks, holes and patches with an area of 0.3275 m2 damages up to 425.406 m2 .

The condition of the road surface layer values obtained on roads Moh Brig . Joenoes in Kendari mostly at intervals of 1 to 4 to generate the value of the order of priority road maintenance are dominant or greater than the number 7 where the value entered on the type of program routine maintenance or improvement of the road .

Keywords: Marine Road, Surface Conditions, Priority Scale

 

Abstrak

Banyak kritik yang telah dikirimkan kepada institusi pemerintahan dalam upaya penanganan dan pengelolaan jalan, agar berbagai kerusakan yang terjadi segera diatasi. Secara umum penyebab kerusakan jalan ada berbagai sebab yakni umur rencana jalan yang telah dilewati, genangan air pada permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik, beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Perencanaan yang tidak tepat, pengawasaan yang kurang baik dan pelaksanaan yang tidak sesuai dengan rencana yang ada. Selain itu minimnya biaya pemeliharaan, keterlambatan pengeluaran anggaran serta prioritas penanganan yang kurang tepat juga menjadi penyebab. Panas dan suhu udara, air dan hujan, serta mutu awal produk jalan yang jelek juga sangat mempengaruhi. Oleh sebab itu disamping direncanakan secara tepat jalan harus dipelihara dengan baik agar dapat melayani pertumbuhan lalulintas selama umur rencana. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada permukaan perkerasan ruas Jalan Brigjen Moh. Joenoes serta menghitung nilai kondisi perkerasan ruas jalan tersebut berdasarkan Metode Bina Marga.

Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis nilai kondisi jalan adalah metode Bina Marga yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga No. 018/T/BNKT/1990.

Kerusakan jalan yang terbesar berada di ruas jalan bagian kanan, yaitu sebesar 0,001690 km2. Sedangkan untuk kerusakan jalan terkecil berada di Jalan bagian kiri dengan luas kerusakan sebesar 0,000001 km2. Adapun jenis kerusakan yang dominan ditemukan pada setiap ruas jalan ini adalah kerusakan retak, lubang dan tambalan dengan luas kerusakan sebesar 0,3275 m2 hingga 425,406 m2.

Nilai kondisi lapis permukaan jalan yang diperoleh pada ruas jalan Brigjen Moh. Joenoes di kota Kendari sebagian besar berada pada interval 1 hingga 4 sehingga menghasikan nilai urutan prioritas pemeliharaan jalan yang dominan berada atau lebih besar dari angka 7 di mana dari nilai tersebut dimasukkan pada jenis program pemeliharaan rutin atau peningkatan jalan.

Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Kondisi Permukaan, Skala Prioritas

Refbacks



Copyright (c) 2019 STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id