STUDI KOMPARASI ANALISA STRUKTUR PELAT KONTINUM MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA, MEKANIKA KONTINUM DAN PENDEKATAN PRAKTIS

Michael Matasik Paembonan, Masykur Kimsan

Abstract


Penelitian ini menganalisis struktur pelat dua arah menggunakan Metode Perencanaan Langsung, Metode Elemen Hingga dan Metode Mekanika Kontinum untuk mengetahui tingkat keakuratan serta efisiensi tiap metode. Dalam Metode Perencanaan Langsung dingunakan koefisian-koefisien momen dalam proses analisisnya, kemudian untuk Metode Elemen Hingga analisisnya dibagi kedalam beberapa bagian elemen, sedangkan Metode Mekanika Kontinum menggunakan titik koordinat.

Metode analisis pelat tersebut didasarkan pada aturan ataupun teori. Analisis menggunakan Metode Perencanaan Langsung didasarkan pada SNI 2847:2013 tentang tata cara perhitungan struktur beton untuk bangunan gedung dan memakai program Microsoft Excel, untuk Metode Elemen Hingga memakai program SAFE yang didalam program ini menggunakan teori Kirchoff-Love dan teori kekakuan pelat, sedangkan Metode Mekanika Kontinum di analisis menggunakan teori Galerkin serta memakai program MATLAB untuk menyusun rumusnya dan SURFER untuk menggambarkan kontur pelat.

Dari analisis struktur pelat yang dilakukan diperoleh hasil yang bervariasi. Metode Perencanaan Langsung menghasilkan nilai momen lebih besar dari metode lainnya, Metode Elemen Hingga menghasilkan nilai momen yang lebih akurat serta efisien dalam penggunaannya, sedangkan Metode Mekanika Kontinum meghasilkan nilai momen lebih kecil dari metode lainnya serta kurang efisien dalam penggunannya.


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 Stabilita || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id