ANALISA PERILAKU PONDASI KELOMPOK TIANG AKIBAT BEBAN GEMPA PADA GEDUNG KULIAH UMUM UNIVERSITAS HALU OLEO

Sulha Sulha, Masykur Kimsan, Wahyudin Wahyudin

Abstract


Konstruksi beban berat yang biasanya menggunakan jenis pondasi dalam akan mengalami permasalahan yang lebih rumit. Dimana pondasi dalam, yang berupa tiang digabung dalam satu kelompok. Permasalahan makin rumit jika pondasi berada pada daerah tanah lunak dan rawan gempa sehingga pondasi mengalami perpindahan melebihi batas yang diizinkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung aksial dan lateral pondasi kelompok tiang pancang pada Gedung Kuliah Umum Universitas Halu Oleo. Dengan mengubah jarak antar tiang dari 2d, 3d dan 4d pada konfigurasi P8 dan P8. Sehingga diketahui pengaruh penambahan jarak tiang terhadap daya dukung, penurunan dan defleksi pondasi. Pada penelitian ini menggunakan pula aplikasi bantu berupa Plaxis 3D Foundation dalam mensimulasikan kondisi pondasi akibat beban yang bekerja.

Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi pada Plaxis 3D Foundation penambahan jarak antar tiang memberikan daya dukung aksial dan lateral yang semakin besar, perubahan jarak antar tiang dapat pula mengurangi defleksi yang terjadi. Namun perubahan jarak antar tiang memberikan nilai penurunan yang semakin besar pada pondasi.

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 Sulha Sulha, Masykur Kimsan, Wahyudin Wahyudin



Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id