ANALISIS TINJAUAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 (MDP 2017) (Studi Kasus : Jalan Wisata Kendari - Toronipa)
Abstract
ABSTRAK
Pemerintah selalu mendorong sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan ini, sehingga sangat diperlukan sarana dan prasarana transportasi yang memadai demikian pula Jalan wisata Kendari-Toronipa merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Sebagai wilayah yang sektor pertumbuhan ekonominya dipicu oleh kegiatan eksploitasi tambang maka pada ruas jalan tersebut terjadi pembebanan kendaraan berat berulang terus menerus. Jalan ini direncanakan menggunakan tipe perkerasan kaku dengan umur rencana mencapai 40 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tebal perkerasan kaku serta membuat perbandingan terkait lapis tebal perkerasan kaku pada jalan wisata Kendari– Toronipa, Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode penelitian ini adalah metode Manual Desain Perkerasan 2017 (MDP 2017) dengan data pendukung yang berhubungan dengan penentuan tebal perkerasan sebelum dilakukan tinjauan perancangan tebal perkerasan kaku di jalan wisata Kendari-Toronipa.
Hasil Penelitian ini menghasilka nilai tebal perkerasan sebesar 28,5 cm dan 26,5 cm untuk kondisi eksisting pada jalan wisata Kendari-Toronipa yang berarti terjadi perbedaan ketebalan sebesar 2 cm.
Kata Kunci : MDP 2017, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan
ABSTRACT
The government always encourages the tourism sector and improves the economy of the people around this area, so it is necessary to have adequate transportation facilities and infrastructure as well as the Kendari-Toronipa tourist road which is a provincial road that connects Kendari City and Konawe Regency. As an area whose economic growth sector is triggered by mining exploitation activities, this road segment is subject to repeated heavy vehicle loading. This road is planned to use a rigid pavement type with a design life of up to 40 years.
This study aims to determine the thickness of rigid pavement and to make comparisons related to the thickness of the rigid pavement on the tourist road of Kendari - Toronipa, Southeast Sulawesi Province.This research method is the method of Pavement Design Manual 2017 (MDP 2017) with supporting data related to the determination of pavement thickness before a rigid pavement thickness design review is carried out on the Kendari-Toronipa tourist road.
The results of this study resulted in pavement thickness values of 28.5 cm and 26.5 cm for the existing conditions on the Kendari-Toronipa tourist road, which means a thickness difference of 2 cm.
Keywords: MDP 2017, Rigid Pavement, Pavement Thickness
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriansyah, Pratomo, P., & Ali, H. (2016). Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pekerjaan Pelebaran Jalan dengan Metode MDPJ 02/M/BM/2013 dan Pt T-01-2002-B. Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pekerjaan Pelebaran Jalan , 113 – 126.
Hidayat, H., GP, H., & Apwiddhal. (2016). Tinjauan Ulang Perencanaa Perhitungan Tebal Perkerasan Kaku ( Rgid Pavement ).
Isnaini, A. Y., Suparma, L. B., & Try Utomo, S. H. (2019). Perancangan Perkerasan Jalan Lingkar Kota Kabupaten Wonogiri.
Nurlianti, S., & Hendrayana, Y. (2017). Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode Bina Marga 2013 dan AASHTO 1993.
Santoso, H. T. (2017). Manual Perkerasan Jalan Terbaru Tahun 2017 vs 2013.
Wahyudi, S., Muchtar, I., & Priana, S. E. (2017). Tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) area parkir truk terminal bukit surungan kota padang panjang. 1-11.
Affandi, M. Widajat, M, Dachlan, Purnomo & Suhaili, I.(2003). Perencanaan perkerasan jalan beton semen. Pedoman Konstruksi Dan Bangunan , 1-46.
Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. 2003. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Departemen Pekerjaan Umum
Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen. Yayasan Badan Penerbit PU, Jakarta.
Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. 2002. Pedoman XX Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Departemen Pekerjaan Umum.
Hardiyatmo, H.C. 2015. Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah.Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2007. Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Tol. Direktorat Jendral Bina Marga
Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga . (2017). Manual Perkerasan Jalan revisi Juni 2017. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Soedarsono, D. U. (1979). Konstruksi Jalan Raya. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum Jakarta.
Suryawan, A. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement) Beta Offset, Yogyakarta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Nomor 38 Tentang Jalan Indonesia
Pemerintah Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tentang Jalan Indonesia
Pemerintah Republik Indonesia. 1980. Undang-Undang Nomor 13 Tentang Jalan Indonesia.
Refbacks
Copyright (c) 2020 La Ode Nanang, Muhamad Thahir Azikin, Siti Nurjanah Ahmad, Fathur Rahman Rustan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editor's Address:
Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University
Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email : stabilita_jtsuho@uho.ac.id