ANALISIS PEMAKAIAN DERMAGA TERHADAP LAYANAN KAPAL PADA PELABUHAN PAJALA KABUPATEN MUNA BARAT

Tryantini Sundi Putri, La Welendo, Fathur Rahman Rustan, Yusran Latimba

Abstract


ABSTRAK

Pelabuhan Pajala adalah salah satu pelabuhan yang berada di wilayah Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagai urat nadi perekonomian Kabupaten Muna Barat khususnya arus keluar masuk barang dan penumpang melalui angkutan laut. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis nilai BOR dan menganalisis panjang dermaga (Lp) pada Deramaga Pelabuhan Pajala Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode pengamatan langsung dengan wawancara kepada pihak pengelola pelabuhan. Hasil analisis tingkat pemakaian dermaga terhadap waktu kunjungan kapal, untuk naik/turun penumpang dan bongkar/muat barang pada Pelabuhan Pajala mencapai 96,5% > 50%  nilai  BOR yang di standarkan oleh UNCTAD untuk dermaga dengan 2 tambatan. Jadi, pelabuhan Pajala saat ini belum mampu melayani arus kapal dengan baik atau pemakaian dermaga belum efektif dan hasil analisis kebutuhan layanan kapal terhadap ukuran dermaga pada Pelabuhan Pajala untuk menghitung gabungan ukuran kapal terbesar untuk melakukan sandar 2 kapal sekaligus tidak bisa dilayani karena ukuran dermaga yang dibutukan  46 m > 5 m ukuran dermaga yang ada saat ini dan untuk ukuran kapal terkecil untuk melakukan sandar 2 kapal sekaligus tidak bisa dilayani karena ukuran dermaga yang dibutukan  45,2 m > 47 m ukuran dermaga yang ada di Pelabuhan Pajala.  

 

Kata Kunci : BOR, Kinerja, Dermaga

ABSTRACT

Pajala port is a port that is located in the district of West Muna Sulawesi Tenggara as the economic lifeblood West Muna. Especially the flow of goods and passengers by sea freight. The purpose of this study is to analyze the value of BOR and analyze the value of Lp in Pajala port West Muna. This research is a case study using the method of direct observation by interviewing the manager of the port. Results of the analysis of the consumption levels of the dock to the time the ship visits for up / down passengers and loading / unloading of goods at the port of Pajala 96,5%> 50% in value BOR standardize by UNCTAD to dock with 2 moorings. So port Pajala is not currently able to serve the flow of ships with either or usage dock has not been effective, and the results of a needs analysis service of the vessel to the size of the dock at the port of Pajala for sampling the combined size of the largest ships to berth two ships at the same time can not be served because of the size of the dock needed 46 m> 5 m size of the existing quay at the moment and for the size of the vessel smallest to berth two ships at the same time can not be served because the size dock needed 45,2 m> 5 m size of the existing quay in the port of Pajala.

 

Keywords  : BOR, Performance, Pier


Keywords


BOR; Kinerja; Dermaga

Full Text:

PDF

References


Alfin, 2015.“Kinerja Pelabuhan Peti Kemas kota Kendari.Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo.

Daryatman, Rolin.2013“Analisa Kelayakan Dermaga, Area Bongkar Muat dan Sandar Kapal (Studi Kasus Di Pelabuhan Pengisian Gas Elpiji Kendari)”. Fakultas Teknik Universitas Haluoleo.

Edna,Tania Bhakti dan Nurania, Nuzla 2007. ”Alisis Pengembangan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Soekarno Hatta.Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra.

Triatmojo, Bambang., 1996. Perencanaan Pelabuhan. Beta Offsat, Yogyakarta.

Triatmojo, Bambang., 2010. Perencanaan Pelabuhan. Beta Offsat, Yogyakarta.

Triatmojo, Bambang, 2011, Analisa Kapasitas Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang, Seminar Nasional-1 BMPTTSSI, Medan.

UNCTAD (United Nation Conferene on Trade and Development), Operating and Maintenace Feature of Container Handling Systems.

Mada, Tarsan, 2011. Tinjauan Kapastas Prasarana Pelabuhan Panggulu Belo Kab. Wakatobi. Jurusan S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo.


Refbacks



Copyright (c) 2020 Tryantini Sundi Putri, La Welendo, Fathur Rahman Rustan, Yusran Latimba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id