STUDI PELAYANAN PELABUHAN FERRY LABUAN BUTON UTARA

La Welendo, La Ode Muhamad Nurrakhmad Arsyad, Juhasman Juhasman

Abstract


ABSTRAK

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. ASDP Ferry adalah salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang. Fungsi utama perusahaan ini adalah menyediakan akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan serta menyatukan pulau-pulau besar sekaligus menyediakan akses transportasi publik ke wilayah yang belum memiliki penyeberangan guna mempercepat pembangunan.

Pelabuhan penyeberangan Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang melayani arus penyeberangan penumpang maupun barang yang menghubungkan daratan Buton dan daratan Konawe Selatan dan sekitarnya. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan itu sendiri, dengan memberikan pelayanan yang baik maka akan memberikan kepuasan kepada pengguna yang melewati pelabuhan penyeberangan tersebut. Metode penelitian yang tersusun dengan cara  mewawancarai responden dengan menjawab butit-butir pertanyaan yang ada pada kuesioner. Analisa dilakukan dengan menggunakan Importance qnd Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) pada pengolahan data hasil survey menggunakan bantuan aplkasi SPSS 16. Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa indeks  kepuasan  konsumen  terhadap  kinerja pelabuhan penyeberangan Labuan Bajo sebesar 62,4 % dan berada pada rentang 0,51 – 0,65 menunjukan bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan fasilitas yang diberikan pihak pengelola pelabuhan penyeberangan Labuan Bajo tersebut.

 

Kata Kunci :  Tingkat Kepuasan, Fasilitas, Pelayanan, ASDP

ABSTRACT

Indonesia is a country in Southeast Asia that is crossed by the equator and is between the Asian mainland and Australia. Indonesia is the largest archipelago country in the world consisting of 17.504 islands. Port is a facility at the end of the sea, river or lake to receive ships and move passengers' goods and goods into it. ASDP is a state-owned company in Indonesia which is engaged in ferry transportation services and ferry port management for passengers, vehicles and goods. The company's main function is to provide access to public transportation between neighboring islands and to unite large islands while providing access to public transportation to areas that do not yet have crossings to accelerate development.

The Labuan Bajo crossing port is a port that serves the flow of passenger and freight crossings connecting the Buton mainland and the southern Konawe mainland and beyond. Quality of service is one of the determining factors for the success of a company itself, by providing good service it will provide satisfaction to passengers who pass through the crossing. The research methods are arranged by interviewing respondents by answering the items in the questionnaire. Analysis was conducted using Importance And Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) in processing the survey data using SPSS 16 application. The results of this study indicate that the consumer satisfaction index on the performance of the Labuan Bajo crossing port is 62,4% and is in the range 0,51 – 0,65 shows that consumers are satisfied with the quality of service facilities provided by the manager of the Labuan Bajo crossing port.

 

Keywords :    Level of satisfaction, Facilities, Services, ASDP


Keywords


Tingkat Kepuasan, Fasilitas, Pelayanan, ASDP

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2019 La Welendo, La Ode Muhamad Nurrakhmad Arsyad, Juhasman Juhasman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editor's Address:

Civil Engineering Department of Halu Oleo University,
Engineering Faculty Building 1st Floor,
H. E. A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3194347
Fax. (0401) 3198283
Website : http://ojs.uho.ac.id/index.php/stabilita_jtsuho/index
Email stabilita_jtsuho@uho.ac.id