Studi Komparasi Peran Perempuan Bajo di Desa Ranooha Raya Kabupaten Konawe Selatan

Nur Rahmah, Hartina Batoa

Abstract


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, dalam arti bahwa Negara Indonesia memiliki keragaman sosial dan budaya, suku/ etnis, bangsa, bahasa dan adat istiadat, sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Keragaman sosial dan budaya berpotensi sebagai sumber daya yang dapat membawa manusia Indonesia dikenal oleh dunia dengan keunikan dan corak warna-warni kebudayaan. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi cara pandang masyarakat yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut harus tetap ada sebagai corak bangsa Indonesia yang budayanya terkenal sebagai kebudayaan yang beradab dan adil, karena itu kita butuh mengenal satu sama lain demi terciptanya nilai-nilai toleransi dan saling menghargai sama lain sebagai satu masyarakat hukum dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perempuan Bajo menjadi bagian dari keberagaman sosial budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peran perempuan Bajo pada komunitas homogen dan heterogen etnis. Hasil studi menunjukkan bahwapada homogen etnis peran perempuan Bajo yang termasuk dalam kategori rendah adalah peran domestik, peran sosial serta akses dan kontrol sedangkan peran produktif termasuk pada kategori tinggi ; pada heterogen etnis Peran perempuan Bajo yang termasuk dalam kategori rendah adalah peran produktif dan yang termasuk dalam kategori tinggi adalah peran domestik, peran sosial serta akses dan kontrol


Keywords


Peran, Perempuan Bajo, Homogen Ertnis, Heterogen Etnis

Full Text:

PDF

References


Juniarta, dkk, 2013. Kajian Profil Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pulau Gili Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Jurnal ECSOFIM. Vol. 1 No. 1 (2013).

Mardoyo. 2008. Pengendalian Mutu Kinerja dan Kompetensi.Jurnal Penelitian

Muhammad Ridwan, 2016. Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan pada Penggunaan Teknologi Bagan Apung (Studi Kasus Di Desa Pasir Putih Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Selatan).

Pusat Statistik. 2016. Luas Wilayah Perairan di Sulawesi Tenggara. Kendari.

Muhammad Obie, 2016. Perubahan Sosial pada Komunitas Suku Bajo di Pesisir Teluk Tomoni. (PDF) Perubahan Sosial Pada Komunitas Suku Bajo Di Pesisir Teluk Tomini. Available from: https://www.researchgate.net/publication/305787116_Perubahan_Sosial_Pada_Komunitas_Suku_Bajo_Di_Pesisir_Teluk_Tomini [accessed Dec 09 2018].




DOI: http://dx.doi.org/10.33772/bpsosek.v19i36.5812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Buletin Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by Department of Agribusiness - Halu Oleo University

© BPSosek, p-ISSN: 1410-4466 | e-ISSN: 2656-4270 | DOI: Prefix 10.33772 by Crossref

Creative Commons License is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats