TANTANGAN YANG DIHADAPI KELUARGA DI ERA MODERN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi Sosiologi Keluarga di Kota Kendari)

Suharty Roslan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk tantangan yang dihadapi keluarga di era modernisasi dalam pembentukkan karakter anak sesuai dengan norma-norma sosial dan agama. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari dengan pertimbangan, lokasi ini merupakan salah satu wilayah yang paling heterogen penduduknya. Penetuan informan menggunakan teknik bola salju (snow ball sampling), yaitu para orangtua yang memiliki anak yang sudah dewasa dengan perkembangan kepribadian yang baik. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan penelaahan dokumen tertulis. Analisis data diggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk tantangan pembentukan karakter anak di era modern yaitu: tantangan dari faktor internal, teman sepergaulan anak, globalisasi, yang menimbulkan gejala distorsi moral yang diakibatkan oleh serangan budaya global melalui media massa. Untuk menghadapai tantangan tersebut, keluarga perlu menjalankan keseluruhan fungsinya untuk mengembangkan karakter anak yang baik, dan yang paling efektif adalah penanaman pendidikan agama sejak dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License