TRADISI KANGKILO (SUNATAN) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL DAN ETIKA ANAK

Halisan Halisan, Muh. Arsyad, Megawati A. Tawulo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam Tradisi Kangkilo di Desa Wasilomata II dan Upaya Masyarakat dalam mempertahankan Tradisi Kangkilo (Sunatan) pada masyarakat di Desa Wasilomatra 2 Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Adapun metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan datanya antara lain Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Menggunakan teknik observasi, wawancaara dan dokumentasi di dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian adalah kepala desa selaku informan kunci. Sedangkan informan pendukung terdiri dari dua orang tokoh adat dan 6 orang anggota masyarakat. Jadi jumlah keseluruhan informan penelitian ini adalah 9 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tradisi Kangkilo dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika anak usia dini mencakup: Nilai Religius, Nilai Budaya, Nilai Gotong-Royong dan Nilai Etika/Moral. Sedangkan Upaya Masyarakat dalam mempertahankan upacara adat Tradisi Kangkilo pada Masyarakata Desa Wasilomata 2 yaitu: Melibatkan lembaga Keluarga, Lembaga adat dan Lembaga Pemerintah bekerjasama.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Yesmil 2017. Sosiologi Untuk Universitas. Cetakan kedua. PT Refika Aditama: Bandung

Peribadi, dkk. 2018. Pendidikan Karaktek Dalam Bingkai Mlutikultiral ,(sebuah bunga rampai kehidupan sosial). Edisi Pertama. Oksana Publishing : Jawa Timur

Rahmawati, Erni, dkk. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Yng Terkandung Dalam Ritual Kangkilo Pada Masyarakat Muna Desa Warambe. Jurnal Bastara (Bahasa Dan Sastra) : http :// ojs.uho.ac.id/index.php/ BASTRA.

Tumanggor, Rusmin, dkk. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Edisi ketiga. Prenamedia Group : Jakarta

Upe, Ambo 2016. Metode Penelitian Sosial: Filosofi dan Desain Praktis. Kendari: Letaracy Institute.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License