PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA

Yuslin Yuslin, Muh. Arsyad, Sarpin Sarpin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi masyarakat Terhadap Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa (DD) Di Desa Batuawu Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pengelolaan Dana Desa Di Desa Batuawu Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat data kualitatif dan data kuantitatif. Penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu dengan memberikan penjelasan dan uraian secara deskriptif berdasarkan hasil penelitian dilapangan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan dua metode pengumpulan data yakni wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pandangan masyarakat terdapat dua persepsi. Persepsi yang pertama sebagian masyarakat berpersepsi positif (setuju) bahwa pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh bapak Jahiruddin selaku Kepala Desa Batuawu sudah cukup baik dan maksimal, mulai dari tahap perencanaan hingga tahap evaluasi selalu melibatkan masyarakat secara umum dan pemerintah desa mengelola anggaran Dana Desa secara terbuka. Persepsi yang kedua sebagian masyarakat juga berpersepsi negative (tidak setuju) terhadap pengelolaan Dana Desa di Desa Batuawu, mereka menganggap beberapa pembangunan di Desa Batuawu tidak tepat guna dan pemborosan anggaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan Dana Desa, yaitu faktor latara belakang pendidikan, umur, status sosial, dan kedekatan emosional.


Full Text:

PDF

References


Akbal, Hardin, Bahtiar, Upe, Ambo. 2020. Habitus Multi Aktor Dalam Praktik Sosial Pembangunan Perdesaan Melalui Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Wakorumba Selatan Kabupaten Muna. Publica: Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik. 10 (2), 116-124.

Amin, Ali, Upe, Ambo, Juhaepa. 2020. Implementasi Program Pembangunan Desa Sebagai Pemanfaatan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Di Desa Lailangga Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat). WELL-BEING: Journal of Social Welfare. 1 (2), 42-53.

Fayan. 2015. Persepsi Masyakat Terhadap Kepemimpinan Perempuan Sebagai Kepala Desa Di Desa Watumela Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat. Skripsi Tidak dipublikasikan.

Fitriana. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Pelayanan Staf Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Universitas Islam Negri Ar- Raniry. Skripsi tidak dipublikasikan.

Miftahuddin. 2018. Akuntabilitas Dan Transparansi Pemerintah Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Skripsi tidak dipublikasikan.

Muslimin, Arsyad, M., & Sarmadan. (2020). Participation of Community in Rural Development in Oengkolaki Village Mawasangka District Central Buton Regency. Indonesian Journal of Social and Environmental Issues (IJSEI), 1(1), 33-38.

Mustagfiroh, Ani. 2012. Persepsi Masyarakat Terhadap Kepala Desa Sebagai Pengerak Politik. Universitas Negri Yogyakarta. Skripsi tidak dipublikasikan.

Rivai Veitzal, dkk. 2013. Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setiawati, Panca. 2017. Persepsi Masyarakat Tentang Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Pada Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tahun 2016. Universitas Lampung. Skripsi tidak dipublikasikan.

Titiawati, Dwi. 2017. Analisis Strategi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan. Skripsi Tidak dipublikasikan.

Upe, Ambo dan Damsid. 2010. Asas-Asas Multiple Researches. Yogyakarta: Tiara Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License