STRATEGI IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA (Studi Kasus 7 Ibu Rumah Tangga Yang Ditinggal Suami Merantau di Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur)

Vira Fresha Puspita, Sulsalman Moita, Ambo Upe

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi ibu rumah tangga yang ditinggal suaminya merantau dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi ibu rumah tangga yang ditinggal suaminya merantau dalam memenuhi kebutuhan keluarga di Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengguanakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni menganalisis realitas sosial secara mendalam. Menggunakan metode penelitian kualitatif dapat digunakan untuk mempelajari, membuka, dan mengerti apa yang terjadi di dalam setiap fenomena ibu rumah tangga yang ditinggal suaminya merantau. Informan dalam penelitian ini adalah tujuh ibu rumah tangga yang di tinggal suaminya merantau di Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Hasil penelitian bahwa strategi ibu rumah tangga yang ditinggal suaminya merantau di Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur dapat dibedakan menjadi tiga yakni strategi aktif, pasif dan jaringan. Strategi aktif memuat pekerjaan pokok, strategi pasif yakni mendirikan usaha dan strategi jaringan yakni melibatkan anak dalam menambah pendapatan keluarga. Adapun yang menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi strategi ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan keluarga dibagi menjadi dua yakni faktor ekonomi dan faktor sosial. Faktor ekonomi yakni mencari nafkah dan menambah penghasilan. Sedangkan faktor sosial yakni Aktualisasi diri.


Full Text:

PDF

References


Anggriawati, R., Kasim, S. S., & Anggraini, D. (2020). Livelihood Strategy of Scavengers in Kendari City. Indonesian Journal of Social and Environmental Issues (IJSEI), 1(1), 16-21.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Febrianti Siska 2017. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Melalui Home Industri Dilihat Dari Ekonomi Islam, skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.

Muslikhati, Siti. 2004. Feminism dan Peran perempuan dalam Timbangan Islam, Jakarta: Gema Insane Perss, Cetakan Pertama.

Tuwu, D., Supriyono, & Arsyad, M. (2021). Farmer Adaptation Strategy to Their Environment in the Village of Makoro Binongko Wakatobi. Indonesian Journal of Social and Environmental Issues (IJSEI), 2(1), 7-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License