DISORGANISASI KELUARGA AKIBAT KEPALA KELUARGA TOMBALAKI (Studi di Kecamatan Lasolo Kab. Konawe utara)

Sulistiwati Sulistiwati, Hj. Suharty Roslan, Sarmadan Sarmadan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab suami bersifat tombalaki di Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara (2)  untuk mendeskripsikan dampak sifat suami tombalaki terhadap terjadinya disorganisasi keluarga di Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara. Metode penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa masalah-masalah yang terjadi dalam rumah tangga yang di akibatkan oleh kepala keluarga yang bersifat tombalaki, ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, psikologi dan faktor kebiasaan. Dalam faktor ekonomi, seorang suami yang mengambil alih tugas istri dalam mengelola keuangan rumah tangga serta mengatur pengeluaran dan pemasukan. Faktor psikologi, dimana seorang suami memiliki sifat yang berubah-ubah dan bisa membuat anggota keluarganya merasa tidak nyaman dan stress. Faktor kebiasaan, kebiasaan buruk yang dimiliki seorang suami sebelum menikah, yang dimana kebiasaan ini susah untuk di rubah dan di tinggalkan, dan ketika berumah tangga kebiasaan buruk ini akan di terapkan dalam rumah tangganya. Adapun dampak sifat suami tombalaki terhadap terjadinya disorganisasi keluarga yaitu kehilangan kehangatan dalam keluarga, anggota keluarga stress, dan perceraian.


Full Text:

PDF

References


Beni A. Saebani. 2008. Perkawinan dan Hukum Islam dan Undang-Undang. Bandung: Pustaka Setia

Bimo, Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta C.V Andi

Laxmi. 2010. Tombalaki: Studi Kekerasan Laki-laki Pada Suku Tolaki. Sulawesi Tenggara. Penerbit Ombak : Yogyakarta 2010.

Prasanto, Nofian, Arendra. 2012. Persepsi Masyrakat Tentang Orang Tua Tunggal Perempuan (Janda). Surakarta.

Rahmat, Saeful, Pupu. 2009. Peneltian Kualitatif. Equilibrium. Vol.5 No.9

Soekanto, Soerjono, 2004. Sosiologi Keluarga (Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja Dan Anak) Jakarta; Rineka Cipta ,

Subagyo, P. 2006. Metode Peneltian dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Miles, M. B dan Hubermas. A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Upe, Ambo. 2016. Metode Penelitian Sosial: Filosofi dan Desain Praktis. Kendari: Literacy Institute.

Yulianti, Sulsalman Moita, Ambo Upe. 2018. Konstruksi Sosial Dalam Praktik Pengobatan Oleh Dukun dan Medis. Jurnal Neo Societal, Vol. 3 No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License