KONTROL SOSIAL PEMILIK RUMAH KOS TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG MAHASISWA KOS (Studi di Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari)

Windi Sriwulan, La Ode Monto Bauto, Sarpin Sarpin

Abstract


Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh mahasiswa kos di Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari. (2) Untuk mengetahui kontrol sosial pemilik rumah kos terhadap perilaku menyimpang mahasiswa kos di Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari. Terdapat 13 informan dalam penelitian ini yakni, 4 orang pemilik kos, 2 orang  masyarakat, 7 orang mahasiswa kos. Tipe dari penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yaitu  jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara langsung, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh mahasiswa, dan aturan serta sanksi yang diberikan pemilik kos kepada mahasiswa kos. Kontrol sosial yang dilakukan oleh agen-agen kontrol sosial untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan yang mana dapat mengganggu keamanan, dan ketenangan di lingkungan kos-kosan. Tujuan dibuatnya peraturan agar penghuni kos-kosan lebih tertib dan tidak melangar norma sosial di dalam lingkungan kos. Berat ringannya sanksi senantiasa tergantung dari sifat pelanggarannya.


Full Text:

PDF

References


Asaka, D. S., & Awarun, Olabode. 2020. Understanding Mechanistic Explanation as A Strategy of Analytical Sociology. Indonesian Journal of Social and Environmental Issues (IJSEI), 1(3), 191-197.

Israk A. 2016. Perilaku Menyimpang Pada Kalangan Remaja (Studi Kasus: Perilaku Balapan Liar Kalangan Remaja Di Daerah Kijang). Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang.

Jokie, M.S.S. 2010. Sosiologi Perilaku Menyimpang. Surabaya: Mitra Pelajar.

Kartono. 2010. Patologi Sosial 2. Kenakalan Remaja. Jakarta: CV. Rajawali Expres.

Muliana S. 2015. Kontrol Sosial Terhadap Kenakalan Remaja Di Komplek ADB Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.Skripsi.Universitas Teuku Umar Meulaboh. Aceh Barat.

Setiadi, dkk. 2011. Pengantar Sosiologi: Pemahaman fakta dan Gejala Permasalan sosial, Teori, Aplikasi, dan pemecahanya. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Suhaida, Siti, Hos, Jamaluddin, Upe, Ambo. 2018. Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Desa Masaloka Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bombana). Jurnal Neo Societal. 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License