DEGENERASI TOLEA DAN PABITARA (Studi di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara)

Faisal Musakir, Juhaepa Juhaepa, Sarmadan Sarmadan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui fungsiTolea dan Pabitara di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara (2) Untuk mengetahui fakto-faktor penyebab degenerasi Tolea dan Pabitara di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara. Penelian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  lokasi penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara.Hasil penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) bagaimana fungsi tolea dan pabitara di Kecamatan Andowia Kabupaten konawe utara diantaranya adalah (a) sebagai tokoh adat yaitu mampu menggunakan tulura sara (tuturan adat) penyelesaian konflik sosial dan mengetahui nila-nilai budaya tolaki (kalo sara) (b) sebagai komunikator adat yaitu tolea sebagai komunikator adat pihak laki-laki dan pabitara komunikator adat pihak perempuan. (2) faktor-faktor penyebab degenerai tolea dan pabitara yaitu (a) Faktor Sakralisasi budaya yaitu adanya kecemasan dan ketakutan masyarakat akan kesakralan kalo sara sehingga mengurangi minat sesorang untuk menjadi tolea dan pabitara(b) Faktor Insentif yaitu tidak menjajikannya menjadi seorang tokoh adat seperti tolea dan pabitara bagi ekonomi keluarga(c) Transmisi budaya yaitu kurang terjalinnya proses transmisi budaya pada masyrakat Kecamatan Andowia (d) Proses sosialisasi dan kaderisasi yaitu tidak terjadinya proses kaderisasi akibat sulitnya meneukan seseorang yang ingin dijadikan kader tolea dan pabitara


Full Text:

PDF

References


Hafid, Anwar, dkk., 2015. An Analysis Of Kalosara Function As Ethnopedagogic Media In Nation Character-Building In South East Sulawesi, dalam International Research Journal of Emerging Trends in Multidisciplinary, ISSN 2395 – 4434 Volume 1, Issue 9 November.

Kusnan. (2015). Ungkapan Bermakna Budaya dalam Adat Perkawinan Suku Tolaki di Sulawesi Tenggara. Manado. Universitas Sam Ratulangi.

Linton, R. 1984. The Study of Man (Antropologi Suatu Penyelidikan Manusia). Diterjemahkan oleh Firmansyah. Jemmars, Bandung.

Rohidi, Tjetjep. 1997. Pendekatan Sistem Budaya Dalam Pendidikan. Semarangi. IKIP Semarang Press.

Suardika, dkk. 2017. Kalosara Di Kalangan Masyarakat Tolaki Sulawesi Tenggara. Mudra Jurnal Seni Budaya.

Moleong, Lexi J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License