MINAT LULUSAN SLTA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI (Studi Di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan)

Irpan Efendi, Bahtiar Bahtiar, Sarpin Sarpin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis minat lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. (2) Untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi rendahnya minat lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. (3) Untuk menganalisis aktivitas lulusan SLTA yang tidak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Adapun manfaat (1) Manfaat secara teoritis yaitu penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan perbandingan bagi penelitian lainnya yang berhubungan dengan minat dalam melanjutkan pendidikan serta diharapkan dapat menjadi dasar pemikiran dan motivasi bagi peneliti lainnya. (2) Manfaat secara praktis yaitu dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan  pemikiran bagi masyarakat luas khususnya lulusan SLTA dalam meningkatkan minatnya untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Penelitian dilaksanakan di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu melakukan penelitian melalui wawancara mendalam pada masyarakat.Hasil penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) minat lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan yaitu cukup rendah di karenakan banyak lulusan SLTA yang tidak melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi yang didasari oleh kurangnya minat mereka untuk melanjutkan pendidikannya (2) faktor yang mempengaruhi rendahnya minat lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan yaitu (a) faktor internal berupa kurangnya motivasi serta keinginan untuk langsung bekerja, (b) faktor eksternal yaitu kurangnya dorongan dari keluarga dan keadaan lingkungan sekitar (3) aktivitas yang dilakukan lulusan yang tidak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Desa Wonua Jaya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan yaitu bekerja baik membantu atau meneruskan usaha orang tua mereka maupun mencari pekerjaan lain di kota.


Full Text:

PDF

References


Mardianti. D. (2017). Faktor Penyebab Remaja Tidak Melanjutkan Pendidikan Sampai Keperguruan Tinggi Di Pasir Kandang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.In Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya (Vol. 1, No. 01)

Masdam; Arsyad, Muhammad, Upe, Ambo. (2020). Diskontinuitas Pendidikan Pada Anak Remaja (Studi Pada Remaja Yang Tidak Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi). Jurnal Neo Societal, 5(1).

Moleong, Lexy. (2006). .Metode Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Monks A.M.P Knoer & Siti Rahayu Haditono, (2008). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Psikologi Perkembangan. Yogjakarta: Gajahmada University Press.

Nurwahida, Lili; Juhaepa; Upe, Ambo. (2020). Fungsi Keluarga Petani Dalam Mempersiapkan Masa Depan Pendidikan Anak (Studi di Desa Alakaya Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan). Gemeinschaft, 2(2).

Sardiman, A. M. (2011). Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License