NILAI SOSIAL BUDAYA KABENGKA (KHITAN) PADA MASYARAKAT KULISUSU (Studi Di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara)

Marliana Marliana, La Ode Monto Bauto, Dewi Anggraini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mengungkapkan bentuk proses pelaksanaan kabengka pada masyarakat Kulisusu di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. (2) Untuk menguraikan nilai sosial budaya kabengka pada masyarakat Kulisusu di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik penentuan informan secara sengaja yang berjumlah 10 orang yaitu 2 orang tokoh adat, 1 orang tokoh agama, dan 7 orang keluarga yang pernah melaksanakan kabengka. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan serta dianalisis sacara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Proses pelaksanaan kabengka (khitan) ini biasanya dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri (sesudah) dan pada Hari Raya Idul Adha (sebelum dan sesudah). (2) Nilai Sosial Budaya Kabengka Pada Masyarakat Kulisusu Di Desa Eelahaji Kecamatan Kuisusu Kabupaten Buton Utara yaitu: (a) Nilai Ketaatan Pada Agama, (b) Nilai Pendidikan, (c) Nilai Moral/Etika, (d) Nilai Kebersamaan, (e) Nilai Melestarikan Tradisi, (f) Nilai Kesehatan, dan (g) Nilai Keindahan/Estetika.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jandra, M, dkk. (1991). Perangkat/Alat-Alat dan Pakaian Serta Makna Simbolis Upacara Keagamaan di Lingkungan Keraton Yogyakarta. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kuntowijoyo. (1987). Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Rahmin, La. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Adat Karia’a Masyarakat Binongko Kabupaten Wakatobi. Kendari: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Sultan Qaimuddin.

Soekanto, Soerjono.(2000). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukmawati. (2004). Nilai dan Kebudayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Upe, Ambo. (2016). Metode Penelitian Sosial: Filosofi dan Desain Praktis. Kendari: Literacy Institute.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License