POLA PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK LAKI-LAKI DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II KENDARI

Sri Murtia Ningsih, Muhammad Arsyad, Ambo Upe

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pembinaan Narapidana anak laki-laki di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari, dan tahap pembinaan narapidana anak laki-laki di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini ditentukan secara (purposive sampling) yaitu penelitian langsung menentukan informan yang akan diwawancarai. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu 13 orang yaitu terdiri dari Ketua Kepala Lembaga Pemasyarakatan Anak, Kepala Seksi Pembinaan Anak, pengelola Pembimbingan Kemandirian dan ditambah dengan 11 orang Narapidana Anak yang berada didalam Lapas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola Pembinaan Narapidana Anak di bagi menjadi dua yaitu: 1. Pola Pembinaan Kepribadian, meliputi: a) pembinaan kesadaran beragama, b) pembinaan jasmani, c) pembinaan kemampuan intelektual, dan d) pembinaan kesadaran hukum. 2. Pola Pembinaan Kemandirian, meliputi beberapa kegiatan atau program yang diberikan oleh pihak lapas yaitu: bercocok tanam (polyback), hydroponic, perikanan dan pelatihan pembekalan. Adapun tahapan pembinaan narapidana anak terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap penyadaran, tahap transformasi, dan tahap peningkatan kemampuan intelektual.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooke, D.J. (2002). Psychology in Prison. Routledge: Canada.

Equatora, M.A., Yusmiati, E.I, Butar, H.F.B. Upe, Ambo. (2020). The Role of Correctional Social Worker on Implementation Diversion Process for Children Facing Legal Issues. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5): 3534–3541.

Harsono Hs. (1995). Sistem Baru Pembinaan Narapidana. Jakarta: Djambatan.

Kartono, K. (2011). Patologi sosial (Jilid 1). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mbakogu, I. (2020). Validating Children’s Stories and Decisions after Trafficking for Prostitution. Indonesian Journal of Social and Environmental Issues (IJSEI), 1(2), 97-107. https://doi.org/10.47540/ijsei.v1i2.23

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Upe, Ambo. (2016). Metode Penelitian Sosial, Filosofi dan Desain Praktik. Kendari. Literacy Institute.

Victoria, V. (2007). Narapidana Wanita: Stigma Sosial dan Kecemasan untuk Kembali ke Masyarakat. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 4 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License