PROBLEMATIKA SOSIAL EKONOMI BURUH KAPAL MALAM DI PELABUHAN NUSANTARA RAHA KABUPATEN MUNA

Satriani; Hj. Suharty Roslan; Hj. Ratna Supiyah

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) faktor-faktor  yang menyebabkan masyarakat memilih sebagai buruh kapal malam di pelabuhan nusantara kota Raha 2) problematika sosial ekonomi buruh kapal malam di pelabuhan nusantara Raha 3) upaya yang dilakukan buruh kapal malam di pelabuhan nusantara Raha untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah buruh kapal malam sebanyak sepuluh orang dan satu orang mandor.Data ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Dari hasilpenelitian didapati bahwa (1) faktor penyebab memilih bekerja sebagai buruh kapal malam di Pelabuhan Nusantara Raha yaitu (a) persyaratan masuk tidak ketat (b) waktu kerja yang fleksibel (c) tidak ada batasan umur (d) jenjang pendidikan, (2) Problematika Sosial Ekonomi Buruh Kapal Malam yaitu (a) problematika ekonomi buruh kapal malam yaitu masalah pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga, masalah tingkat pendapatan (b) problematika sosial buruh kapal malam yaitu masalah pendidikan anak, masalah belum memiliki jaminan sosial,  masalah interaksi sosial akibat system kerja dan upah yang berlaku, (3) Upaya pemenuhan kebutuhan keluarga buruh kapal malam yaitu (a) melibatkan peran  istri untuk mencari nafkah tambahan, memanfaatkan waktu siang untuk menambah penghasilan.


Full Text:

PDF

References


Auliya Insani Yunus, 2011. Potret Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima di Kota Makasar (Kasus Penjual Pisang Epe di Pantai Losari).

Kristina, Sembiring. 2009. Kondisi kehidupan Sosial Ekonomi Buruh Harian Lepas di Kelurahan Padang Mas Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono, 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Upe, Ambo. 2016. Metode Penelitian Sosial: Filosofi dan Desain Praktis. Kendari: Literacy Institute.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SOCIETAL



Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License