STRATEGI ADAPTASI DESTINASI WISATA BUDAYA DI ERA DISRUPSI TEKNOLOGI

Budiman Mahmud Musthofa

Abstract


ABSTRAK
Disrupsi teknologi telah memberikan perubahan besar dalam pengembangan industri pariwisata. Disrupsi
teknologi ini juga telah memberikan tantangan baru bagi pengelola destinasi wisata dalam
mengembangkan destinasi dan atraksinya termasuk di dalamnya destinasi wisata budaya. Tujuan dari
tulisan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana suatu destinasi wisata budaya dapat beradaptasi dan
berkembang di era disrupsi teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan
studi kasus destinasi wisata budaya di Saung Angklung Udjo (SAU), Bandung, Jawa Barat. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengembangan destinasi wisata budaya SAU telah memanfaatkan teknologi digital,
khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebelum era disrupsi teknologi muncul, sehingga saat
era ini muncul maka SAU telah siap. Pada perkembangannya, berbagai sarana teknologi informasi ini
telah digunakan oleh pengelola SAU sebagai alat untuk pengembangan atraksi dan pertunjukan wisata,
promosi destinasi dan pengelolaan organisasi. SAU mampu menggunakan TIK sebagai media promosi,
pemasaran dan pendidikan melalui berbagai platform digital seperti situs web, facebook, youtube, twitter,
instagram dan berbagai fasilitas media sosial lainnya sehingga berdampak pada pengembangan destinasi
wisata ini. Studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana dampak dari disrupsi teknologi dapat
diantisipasi dan TIK dapat digunakan untuk mengembangkan destinasi wisata budaya.

Kata kunci: disrupsi teknologi, wisata budaya, sosial media


Full Text:

PDF

References


PUSTAKA

Creswell, John W. 2010. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed (Indonesia version).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chiao, Huei-Ming Yu-Li, C., & Wei-Hsin, H. 2018. Examining the usability of an online virtual tourguiding

platform

for

cultural

tourism

education.

Journal

of

Hospitality,

Leisure,

Sports

and

Tourism

Education,

,

-38.

doi:http://dx.doi.org/10.1016/j.jhlste.2018.05.002

Damanik, Janianton. 2013. Pariwisata Indonesia: Antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Fominienė, Vilija Bitė. 2016, The Importance of Tourism Websites to Tourism Services And Assurance

Of Their Competitiveness. Montenegrin Journal of Economics Vol. 12, No. 4: 41-51. DOI:

14254/1800-5845/2016.12-4.4

Happ, Éva Zsuzsanna Ivancsó-Horváth. 2018. Digital Tourism Is The Challenge Of Future – A New

Approach To Tourism. Knowledge Horizons – Economics Volume 10, No. 2: 9 – 16. P-ISSN:

-0932, E-ISSN: 2066-1061

Haryanto, Agus Tri. 2019. Ini Jumlah Pengguna Internet Indonesia Sepanjang 2018. (online),

(https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551132/ini-jumlah-pengguna-internet-indonesiasepanjang-2018

,

diakses

Oktober

.

Humas BPS. 2019. Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia Desember 2018 mencapai 1,41 juta kunjungan.

(online), (https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/02/01/1543/jumlah-kunjungan-wisman-keindonesia-desember-2018-mencapai-1-41-juta-kunjungan.html,

diakses

Oktober

.

Kemenpar RI. 2019.Pengembangan Sdm Pariwisata 4.0 Melalui Kerjasama Dengan Industri

Kepariwisataan. (online), (http://www.kemenpar.go.id/ , diakses 9 Oktober 2019).

Morissan, M.A. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Pranada media Group.

Mousavi, Seyed Sina, Naciye Doratli, Seyed Nima Mousavi and Fereshte Moradiahari. 2016.Defining

Cultural Tourism. International Conference on Civil, Architecture and Sustainable Development

(CASD-2016) Dec. 1-2, London (UK)

Musthofa, Budiman Mahmud.2019. Transformasi Angklung Sunda Dan Dampaknya Bagi Masyarakat :

Studi Kasus Kretivitas Angklung Di Saung Angklung Udjo. Seminar Nasional Teknologi Terapan

Berbasis Kearifan Lokal. (online), (http://ojs.uho.ac.id/index.php/snt2bkl/article/view/4809, diakses

Oktober 2019).

Musthofa, Budiman Mahmud.2019. Cultural Development Towards Cultural Welfare: Lessons From

Community Development in Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Sosio Informa, [S.l.], v.

, n. 3. ISSN 2502-7913. (online),

(https://ejournal.kemsos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/view/1600/875>..

doi:https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1600. ,diakses Januari 2019).

Parkinson, Arthur Mark Scott & Declan Redmond. 2016. Defining “Official” Built Heritage Discourses

within the Irish Planning Framework: Insights from Conservation Planning as Social Practice,

European Planning Studies, 24:2, 277-296, DOI: 10.1080/09654313.2015.1077782

Pranita, Diaz, 2017. Digitalization: The Way to Tourism Destination’s Competitive Advantage (Case Study

of Indonesia Marine Tourism). KnE Social Sciences / The 2nd International Conference on

Vocational Higher Education (ICVHE) 2017 / Pages 243–253.

https://knepublishing.com/index.php/Kne Social/article/view/2763.

https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.2763

Richards, G 1996. Cultural Tourism in Europe, Wallingford, CAB International.

Richards, Greg. 2018. Cultural Tourism: A review of recent research and trends. Article in Journal of

Hospitality and Tourism Management. Sept 2018 DOI: 10.1016/j.jhtm.2018.03.005.

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1447677018300755

Supratman, Lucy Pujasari. 2018. . Use of Social Media by Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume

, Nomor 1, Juni 2018: 47-60. Universitas Telkom. Bandung, Jawa Barat 40257. (online)

(https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/1243)

Tjandrawina, R.R. 2016. Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan

dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.

Undang-undang No 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Yahya, Muhammad. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan

Indonesia. Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar

Tanggal 14 Maret 2018. Pidato Pengukuhan PenerimaanJabatan Professor Tetap dalam Bidang Ilmu

Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Zsarnoczky, Martin . 2018. The Digital Future of the Tourism & Hospitality Industri in Business Practices,

Cooking, Restaurants, Spring 2018 . May 31st, 2018. (online)

(https://www.bu.edu/bhr/2018/05/31/the-digital-future-of-the-tourism-hospitality-indus).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.