STRATEGI PEMBINAAN UMKM BERUPA PENYEDIAAN INFORMASI MELALUI MICROSITE (ONLINE INFORMATION) MENUJU PERUSAHAAN PEMULA 1 BERBASIS IT (START-UP)

Deni Danial Kesa

Abstract


ABSTRAK
Perusahaan pemula berbasis teknologi informasi (Start-Up) yang ada memerlukan strategi operasional
dalam menjalankan kendali perusahaannya. Perusahaan dapat memilih dari beberapa mode masuk ke
pasar sesuai dengan kondisi perusahaannya terkait dengan pendirian, ekspansi, pemasaran, memilih jenis
usaha, memahami regulasi dan membangun investasi. Pilihan strategi pilihan mode masuk ke pasar luar
negeri telah berfokus pada perusahaan multinasional besar. Perusahaan Start-Up dengan sumber daya
keuangan personel yang terbatas cenderung mendasarkan pilihan mereka pada mode masuk pasar lokal
asing pada sumber daya yang tersedia. Faktor penentu mode masuk pasar yang stabil apabila dengan
segala keterbatasan perusahaan terjadi dalam operasional sehari harinya. Penelitian menunjukkan bahwa
inovasi, karakteristik produk, intensitas iklan, intensitas investor, dan kedekatan dengan industri serta
mematuhi regulasi memiliki efek positif pada pilihan komitmen peningkatan hasil image atau branding
perusahaan tersebut.

Kata kunci: microsite, start-up, branding, ekspansi, pemasaran


Full Text:

PDF

References


PUSTAKA

Asai, Y. (2019). Why do small and medium enterprises (SMEs) demand property liability insurance ?

Journal of Banking and Finance, 106, 298–304. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin. 2019.07.012

Cantonnet, M. L., Aldasoro, J. C., & Iradi, J. (2019). New and emerging risks management in small and

medium-sized Spanish enterprises. Safety Science, 113(December 2018), 257–263.

https://doi.org/10.1016/j.ssci.2018.11.032

Cruz-hinojosa, N. J., & Gutiérrez-de-mesa, J. A. (2016). Computer Standards & Interfaces Literature

review of the situation research faces in the application of ITIL in Small and Medium Enterprises.

Computer Standards & Interfaces, 48, 124–138. https://doi.org/10.1016/j.csi.2016.05.001

Graa, J. J. (2018). Ecological impacts of the ISO14001 certification of small and medium sized enterprises

in Europe and the mediating role of networks, 174. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.10.322

Kleih, U., Linton, J., Marr, A., Mactaggart, M., Naziri, D., & Orchard, J. E. (2013). Financial services for

small and medium-scale aquaculture and fisheries producers. Marine Policy, 37, 106–114.

https://doi.org/10.1016/j.marpol.2012.04.006

Kasmir. 2007. Dasar-Dasar Perbankan.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kotler, Philip (2017). My Adventures in Marketing: The Autobiography of Philip Kotler. IDEA BITE

PRESS.

Lin, F., & Ho, C. (2019). Journal of Innovation enterprises. Suma de Negocios, 4(1), 32–37.

https://doi.org/10.1016/j.jik.2018.02.001

Sahaym, A., Datta, A. A., & Brooks, S. (2019). Crowdfunding success through social media : Going beyond

entrepreneurial orientation in the context of small and medium-sized enterprises. Journal of Business

Research, (September), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.026

Zamberi, S., Ahmad, N., Rahim, A., & Bakar, A. (2018). Telematics and Informatics Re fl ections of

entrepreneurs of small and medium-sized enterprises concerning the adoption of social media and

its impact on performance outcomes : Evidence from the UAE. Telematics and Informatics, 35(1),

–17. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.09.006

PERATURAN:

Undang Undang Republik Indonesia :UU RI Nomor. 10 Tahun 1998

Undang-Undang Republik Indonesia : UU RI Nomor 20 Tahun 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.