ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN SISWA MEMBACA LANCAR

Gusti Ngurah Adhi Wibawa Wibawa, Wayan Somayasa, Irma Yahya, Ahid Hidayat

Abstract


ABSTRAK
Salah satu indikator pembelajaran yang bermutu adalah kemampuan siswa kelas rendah membaca lancar
suatu bacaan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi kelancaran membaca siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Data yang digunakan adalah data
primer kemampuan siswa membaca di enam kabupaten di Sulawesi Tenggara tahun 2019. Analisis yang
digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi kelancaran siswa membaca adalah jenis kelamin, lulus PAUD/TK dan mengulang kelas.
Nilai odds ratio untuk jenis kelamin laki-laki sebesar 0,423, lulus PAUD/TK sebesar 7,307 dan mengulang
kelas, 0,118. Ketetapan klasifikasi antar observasi dan prediksi sebesar 75,4% yang berarti bahwa model
dapat dikatakan cukup baik dalam memodelkan kelancaran membaca.

Kata kunci: membaca lancar, regresi logistik, odds ratio, klasifikasi


Full Text:

PDF

References


Agresti, A. 1990. Categorical Data Analysis. New York: John & Willey Sons.

Ali M. 2009. Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya

saing tinggi. Jakarta: Grasindo.

Hosmer, D.W & Lemeshow, S. 2000. Applied Logistic Regression. New York: John Willeyand Sons, Inc.

Kemendikbud. 2016a. Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan Dasar Dan Menengah Tahun

/2016. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_C3999016-EE40-429C-B4A6CBA416DC3776_.pdf.

Juni

..

Kemendikbud. 2016b. Asesmen Kompetensi siswa Indonesia (AKSI)

http://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd. [12 Juni 2017].

Kleinbaum, D.G., & Klein, M. (2002). Logistic Regression: A Self-Learning Text. 2nd Edition, SpringerVerlag,

Inc.

New

York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.