PENTINGNYA PENERAPAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) PADA BEBERAPA KAWASAN PENDIDIKAN DI KENDARI

Siti Nurjanah Ahmad, Muh Thahir Azikin, Nasrul Nasrul

Abstract



ABSTRAK
Zona Selamat sekolah (ZoSS) penting untuk diterapkan disekolah-sekolah dikota Kendari guna
mengantisipasi pergerakan anak-anak sekolah yang spontan dan tidak dapat diprediksi yang bisa memicu
kecelakaan lalu lintas, hal ini disebabkan banyak sekolah dasar terletak di tepi jalan raya. Penelitian
dilakukan pada 2 sekolah dasar negeri dan 2 sekolah dasar swasta di Kendari dengan tujuan untuk
mengetahui pentingnya penerapan ZoSS disetiap sekolah dasar di Kendari. Analisis dilakukan dengan
mengamati perilaku pejalan kaki, perilaku pengantar, kecepatan kendaraan yang melintas, volume
kendaraan, dan kondisi rambu dan marka jalan dengan mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh
Keputusan Direktorat Jenderal Transportasi Darat No. 3236/AJ403/DRJD /2006 dan MKJI 1997.
Hasil penelitian menunjukkan. kecepatan kendaraan rata-rata tertinggi pada lokasi penelitian terjadi
didepan SDI. Ummusabri kecepatan kendaraan ringan 49,03 km/jam dan kecepatan sepeda motor 41,37
km/jam di depan SDN 2 Lepo-lepo di melebihi batas maksimum diisyaratkan 20km/jam. Untuk volume
lalulintas terbesar 464 smp/jam terjadi pada ruas jalan Ahmad Yani didepan SDI. Ummusabri.
Untuk karakteristik pemahamaan para guru, orang tua dan siswa tentang rambu peringatan adanya APILL
yang tertinggi 23,74.% di pilih oleh orang tua terjadi di SDI. Ummusabri, rambu perintah dilarang parkir
tertinggi 23,08% dipilih oleh murid kelas 4-5 terjadi di SDI. Ummusabri, untuk rambu perlu adanya ZoSS
tertinggi 34,56% dipilih oleh orang tua terjadi di SDK Frater, Tidak perlu adanya ZoSS 23,56% dipilih
oleh orang tua terjadi di SDN 2 Lepo-lepo, dan kurangnya sosialisasi ZoSS tertinggi sebesar 28,58%
dipilih oleh murid kelas 4-5 terjadi di SDI Ummusabri. Berdasarkan hasil penelitian ini maka fasilitas
ZoSS dan rambu pelengkapnya penting diterapkan disemua sekolah dasar di kota Kendari

Kata kunci: karakteristik perilaku penyeberang jalan, fasilitas ZoSS, kecepatan kendaraan


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2006. Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK 3236/AJ 403/DRJD/2006

tentang Uji Coba Penerapan Zona Selamat Sekolah di 11 (Sebelas) Kota di Pulau Jawa. Jakarta.

Departemen Perhubungan. 1993. Keputusan Menteri Perhubungan No KM 61 Tahun 1993 Tentang Ramburambu

Lalulintas

di

Jalan.

Jakarta.

Departemen Perhubungan. 2006. Pedoman Teknis Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 1980. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Dirjen Bina Marga.

Departemen Perhubungan. 2009. Penyusunan Evaluasi Kinerja ZoSS dan Review Desain. Jakarta: Dirjen

Perhubungan Darat.

Dinas Perhubungan. 1997. Menuju Tertib Lalu Lintas. Jakarta: Penerbit Direktorat Jendral Perhubungan

Darat. Dirjen Perhubungan Darat 2007 Perlindungan Anak pada Zona Selamat Sekolah (ZoSS)

Melalui Info Hubdat Edisi Maret 2007, pp. 11.

Kurniati T., dkk. 2010. Evaluasi Penerapan Zona Selamat Sekolah di Kota Padang, Jurnal Rekayasa Sipil

Volume 6 No.2, Oktober 2010.

Kusmaryono, dkk. 2010. Persepsi Pengguna Fasilitas Zona Selamat Sekolah, Jurnal Transportasi Vol. 10

No. 3 Desember 2010: 205-214.

Permana S. 2008. Evaluasi Efektivitas Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di Yogyakarta, Tugas Akhir Sarjana

Strata 1 Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Indonesia, pp 25-26.

Rachmadani, Chintya. 2011. Analisis Kebutuhan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) (Studi Kasus Sekolah

Dasar Negeri di Kota Pekanbaru). Skripsi Program Sarjana Teknik Sipil. Pekanbaru: Universitas

Riau.

Setiawan W.. 2008. Evaluasi Tingkat Evektivitas ZoSS di Yogyakarta, Tugas Akhir Sarjana Strata 1

Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, pp 13-18 & 28.

Wahyuni S. 2009. Analisis Efektivitas Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di Sekolah Dasar Kota Pekanbaru,

Tugas Akhir Sarjana Strata 1 Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau, pp 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.