INTERNET OF THINGS FOR EARLY DETECTION OF LANSLIDES

La Ode Hasnuddin S Sagala, Muhammad Sainal Abidin

Abstract


 Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki potensi bencana tanah longsor yang besar. Hal ini dikarenakan banyaknya kawasan perbukitan di wilayah seluruh indonesia. Curah hujan yang tinggi disertai pergeseran tanah merupakan salah satu faktor terjadinya tanah longsor.

Terjadinya tanah longsor sering mengakibatkan kerugian harta benda maupun korban jiwa dan menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana lainnya yang membawa dampak buruk terhadap sosial dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu perlu dikaji alternatif penanggulangan bencana secara dini kapan terjadinya longsor.

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep IoT (Internet of Things) sebagai alternatif dalam sistem peringatan dini tanah longsor. Mengingat peran internet tidak pernah lepas dari kehidupan msayarakat modern saat ini.Dengan konsep IoT, data pengukuran diperoleh dari sensor yang terhubung dengan arduino akan dikirim ke thinger.io sehingga semua masyarakat yang berada disekitar daerah tanah longsor bisa memantau secara realtime melalui website bahkan disisi lain dapat membantu badan-badan yang berwenang mengenai tanah longsor.

Selain itu, hasil jangka panjang yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya korelasi antara data pergeseran tanah dengan data curah hujan yang dapat membantu proses penanggulangan bencana secara dini terjadinya tanah longsor di kemudian hari.

Kata Kunci­ IoT, Landslides, Early Detection

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.