HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI ORAL DENGAN HIPERTENSI

I Putu Sudayasa, Ershanty Rahayu Safitrinas Yasin, Lianawati Lianawati

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktordapat disebabkan karena kontrasepsi oral. Lama pemakaian kontrasepsi oral dapat menyebabkan hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang diderita di seluruh dunia termasuk Indonesia. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013 menunjukkan bahwa prevalensi hipertensi adalah 25,8% di Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama pemakaian kontrasepsi oral dengan kejadian hipertensi pada responden Klinik Kencana BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rancangan penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan desain kasus kontrol. Populasi penelitian ini adalah akseptor kontrasepsi oral Klinik Kencana BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara. Sampel 136 orang terdiri dari 68 kelompok kasus dan 68 kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan Chi Square dan Odds Ratio, bermakna jika p value < 0,05, OR > 1.

Hasil menunjukkan bahwa lama pemakaian kontrasepsi oral berhubungan dan sebagai faktor risiko yang mempengaruhi kejadian hipertensi (p = 0,003, OR = 3.894, CI 95%, 1,527-9,929). Responden yang telah menggunakan kontrasepsi oral lebih dari 6 bulan, memiliki 3,894 risiko menderita kejadian hipertensi.

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara lama pemakaian kontrasepsi oral dengan kejadian hipertensi. Perlu ada edukasi kepada responden akseptor tentang keuntungan dan kerugian selama menggunakan kontrasepsi oral.

Kata kunci— Akseptor, LamaPemakaian, Hipertensi, Kencana Klinik BKKBN, Oral Kontrasepsi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.