Bermain Peran: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Usman Usman, Nurul Idhayani, Jumlia Aswan, Roni Amaludin, Zulaeni Esita

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap kemampuan kognitif anak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-eksperimen desain one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA Al-Mu’minin Kota Kendari, yaitu 10 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan instrument penelitian. Teknik analisis data menggunakan model statistik berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji-t data berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada yang signifikan antara metode bermain peran terhadap kemampuan kognitif anak yang dapat dilihat dari pesentase anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 65% dan berkembang sangat baik (BSB) sebesar 30%.


Keywords


anak usia dini; kemampuan kognitif; metode bermain peran.

Full Text:

Unduh File

References


Aida, N., & Rini, Rr. A. P. (2015). Penerapan Metode Bemain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 87-99. https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.494

Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajarn Simetri Lipat SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Angraeni, N., Arvyaty, & Salim. (2018). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Papan Flanel. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 190-194. http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9105

Anisyah. N. (2020). Hakikat Bermain Peran Di Sentra Main Peran pada Anak Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11-22. http://dx.doi.org/10.29240/zuriah.v1i1.1472

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Handayani, S., Sumarno, & Haryati, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1), 19-42. https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p

Holis, A. (2017). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 10(1), 23-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1

Khadijah. (2016) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Nur, L., Hanifa, A. & Rusmana, N. (2020) Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.

Retraningrum, W. (2016). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Bermain Memancing. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 207-218. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284

Sofia, H. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumardi., Rahman, T. & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal PAUD: AGAPEDIA, 1(2), 190-202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Suryosubroto, B. (2014). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman. & Fiana, W. (2020). Penerapan Permainan Playdough dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Smart PAUD, 3(1), 10-17. http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10206

Usman., Pahenra. & Karmila. (2021). Pengaruh Penerapan Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Smart PAUD, 4(1), 57-64. http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v4i1.15618




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v5i1.23079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Smart PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Smart PAUD by http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit:

Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id