Bermain Peran: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap kemampuan kognitif anak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra-eksperimen desain one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA Al-Mu’minin Kota Kendari, yaitu 10 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan instrument penelitian. Teknik analisis data menggunakan model statistik berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji-t data berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada yang signifikan antara metode bermain peran terhadap kemampuan kognitif anak yang dapat dilihat dari pesentase anak berkembang sesuai harapan (BSH) sebesar 65% dan berkembang sangat baik (BSB) sebesar 30%.
Keywords
Full Text:
Unduh FileReferences
Aida, N., & Rini, Rr. A. P. (2015). Penerapan Metode Bemain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 87-99. https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.494
Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajarn Simetri Lipat SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Angraeni, N., Arvyaty, & Salim. (2018). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Papan Flanel. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 190-194. http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9105
Anisyah. N. (2020). Hakikat Bermain Peran Di Sentra Main Peran pada Anak Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11-22. http://dx.doi.org/10.29240/zuriah.v1i1.1472
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Handayani, S., Sumarno, & Haryati, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1), 19-42. https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%25p
Holis, A. (2017). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 10(1), 23-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1
Khadijah. (2016) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Nur, L., Hanifa, A. & Rusmana, N. (2020) Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.
Retraningrum, W. (2016). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Bermain Memancing. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 207-218. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284
Sofia, H. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumardi., Rahman, T. & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal PAUD: AGAPEDIA, 1(2), 190-202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359
Suryosubroto, B. (2014). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman. & Fiana, W. (2020). Penerapan Permainan Playdough dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Smart PAUD, 3(1), 10-17. http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10206
Usman., Pahenra. & Karmila. (2021). Pengaruh Penerapan Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Smart PAUD, 4(1), 57-64. http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v4i1.15618
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v5i1.23079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Smart PAUD

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Smart PAUD by http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penerbit:
Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id