Inovasi Kurikulum Anak Usia Dini: Pekan Budaya Sebagai Penanaman Nilai Kearifan Lokal

Aisyah Nurul Hurriyah Sani, Annis Sholikha Putri, Sukiman Sukiman

Abstract


Inovasi kurikulum merupakan sebuah gagasan yang diharapkan dapat mengubah kurikulum. Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan model pendidikan yang menaruh perhatian besar pada pengembangan kecakapan hidup dengan memperkuat keterampikan lokal dan potensi daerah masing-masing. Dalam model pendidikan ini, materi pembelajaran harus memiliki makna dan relevansi dengan pemberdayaan sejati dalam kehidupan, sesuai dengan realitas yang mereka hadapi. Kurikulum yang akan dibuat sesuai kondisi lingkungan hidup, minat, dan kondisi psikologi peserta didik.  Pada penelitian ini telah dilakukan wawancara langsung kepada responden dari TK Masjid Syuhada dengan menggunakan metode deskriptif. Langkah ini mendeskripsikan setting social penanaman nilai kearifan lokal melalui kegiatan pekan budaya yang diselenggarakan di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai kearifan lokal dapat dilakukan sejak dini dalam proses berkala dan berkelanjutan.


Keywords


anak usia dini; inovasi kurikulum; pekan budaya; penanaman nilai kearifan lokal.

Full Text:

Undul File

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Antoro, E. B. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 264. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.5042

Ardiyanti, S., & Munastiwi, E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Memanfaatkan Media Sosial Bagi. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 31-42. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.860

Astuti, S. D. (2016). Transmisi Budaya dan Kearifan Lokal pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i1.1190

Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Gestalt Dalam Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Untuk SD / MI. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 1–9. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Fatimah, I. F., Nurfarida, R., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Strategi inovasi kurikulum; sebuah tinjauan teoretis. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30.

Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75.

Hasiyati. (2020). Penerapan Budaya dan Hari Besar Nasional Pada Anak Usia Dini dengan Berbagai Media di Satuan PAUD Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019. PAUD Dikmas DIY retrieved from . https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/penerapan-budaya-dan-hari-besar-nasional-pada-anak-usia-dini-dengan-berbagai-media-di-satuan-paud-daerah-istimewa-yogyakarta-tahun-2019/

Indonesia Heritage Foundation. (2020). 9 Pilar Karakter. Retrieved from https://ihf.or.id/id/pilar-karakter/

Ismuningsih, & Mawardi, I. (2021). Evaluasi Penerapan Kurikulum PAUD 2013 Dengan Teknik Cippo di RA Fairuz Aqila dan TKIT Ukhuwah Islamiyah. Prosiding “Ces” (Conference Of Elementary Studies), 194–208.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Lupi, N. Z. N. (2017). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 31. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i1.3563

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Maryati, S. (2020). Inovasi Kurikulum berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi dan Evaluasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 51–66.

Metafisika, K., & Pangastutia, R. (2020). Pengembangan Pembelajaran STEAM Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini. RedWhitepress, 6, 216–220.

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Mubarak, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Madrasah, 6(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295

Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 1–13.

Mustika, I. D. (2013). Budaya Jawa Sebagai Wahana Pendidikan Moral Anak. Citizenship : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1).

Nadlir. (2016). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 300–330.

Razali, T. M., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi, 1(2), 216–228.

Rifai, A. (2018). Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Ibnu Aqil Soreang Kabupaten Bandung. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.

Rina Wijayanti, M. R. (2011). Pendampingan Teknis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Di Gugus Sekolah 11 Arjowinangun Kota Malang. Jiv, 6(1), 73–81. https://doi.org/10.21009/jiv.0601.8

Suherman, A. (2010). Inovasi Kurikulum. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/INOVASI_PENDIDIKAN/Modul_4-Inovasi_Kurikulum.pdf

Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Pola Pengasuhan Anak Usia Dini (AUD). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2), 87. https://doi.org/10.36722/sh.v5i2.347

Zubair, A. C. (2003). Membangun Kesadaran Etika Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Filsafat, 34(2), 111-126.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v5i1.22682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Smart PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Smart PAUD by http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit:

Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id