Implementasi Regulasi Emosi Ala Rasulullah Pada Ibu Dengan Anak Usia PAUD
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengimplementasi regulasi emosi dalam Islam terdapat pada contoh tindakan Rasulullah SAW yang termuat dalam hadist. Pemahaman dan implementasi teknis mengenai regulasi emosi menjadi proses penting dalam pertumbuhan anak. Kelekatan ibu pada anak usia PAUD memberikan peluang yang besar bagi ibu untuk membentuk regulasi emosi anak sesuai dengan tuntunan dan arahan Rasulullah SAW. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan implementasi regulasi emosi ala Rasulullah SAW yang ibu terapkan terhadap anak PAUD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai cara ibu menerapkan regulasi emosi sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW serta bagaimana ibu membentuk regulasi emosi pada anak berusia PAUD. Hasil penelitian ini; terdapat empat tema dalam implementasi regulasi emosi ibu, yaitu: emosi ibu, metode pembentukan regulasi anak, regulasi emosi ala Rasulullah SAW dan pengaruh lingkugan pada pembentukan regulasi emosi anak.
Keywords
Full Text:
Unduh FileReferences
Adu, P. (2019). A Step- by- Step Guide to Qualitative Data Coding. Routledge is an imprint of the Taylor & Francis Group, an informa business ©. https://lccn.loc.gov/2018057100
Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Arriani, F. (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 263–274.
Bariola, E., Hughes, E. K., & Gullone, E. (2012). Relationships Between Parent and Child Emotion Regulation Strategy Use: A Brief Report. Journal of Child and Family Studies, 21(3), 443–448. https://doi.org/10.1007/s10826-011-9497-5
Behrendt, H. F., Scharke, W., Herpertz-Dahlmann, B., Konrad, K., & Firk, C. (2019). Like mother, like child? Maternal determinants of children’s early social-emotional development. Infant Mental Health Journal, 40(2), 234–247. https://doi.org/10.1002/imhj.21765
Bolten, M., Nast, I., Skrundz, M., Stadler, C., Hellhammer, D. H., & Meinlschmidt, G. (2013). Prenatal programming of emotion regulation: Neonatal reactivity as a differential susceptibility factor moderating the outcome of prenatal cortisol levels. Journal of Psychosomatic Research, 75(4), 351–357. https://doi.org/10.1016/j.jpsychores.2013.04.014
Bloor, C. (2019). Temperament and Emotionality. In Temperament (Issue May, 53–68. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367816537-5
Braet, C., Theuwis, L., Van Durme, K., Vandewalle, J., Vandevivere, E., Wante, L., Moens, E., Verbeken, S., & Goossens, L. (2014). Emotion Regulation in Children with Emotional Problems. Cognitive Therapy and Research, 38(5), 493–504. https://doi.org/10.1007/s10608-014-9616-x
Crandall, A. A., Ghazarian, S. R., Day, R. D., & Riley, A. W. (2016). Maternal Emotion Regulation and Adolescent Behaviors: The Mediating Role of Family Functioning and Parenting. Journal of Youth and Adolescence, 45(11), 2321–2335. https://doi.org/10.1007/s10964-015-0400-3
Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
Ellis, B. H., Alisic, E., Reiss, A., Dishion, T., & Fisher, P. A. (2014). Emotion Regulation Among Preschoolers on a Continuum of Risk: The Role of Maternal Emotion Coaching. Journal of Child and Family Studies, 23(6), 965–974. https://doi.org/10.1007/s10826-013-9752-z
Hamdan, S. R. (2017). Kecerdasan emosional dalam Al-Qur’an. SCHEMA: Journal of Psychology Research, 3(1), 35–45. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1807
Hanifa, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1429. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1115/998
Haryono, S. E., Anggraini, H. & Muntomimah, S. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian dan Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini, 3(1), 1-10.
https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.204
Herawati, N., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. Herawati, Novi Deharnita, 15(1), 60–66. http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14352
Herawati, N. I. (2018). Menghadapi Anak Usia Dini Yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10338
Husnaini, R. (2019). Hadis mengendalikan amarah dalam perspektif psikologi. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4(1), 79–87.
Ikasari, A. & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Pengasuhan Ibu Yang Memiliki Anak Cerebral Palsy. Empati, 6(4), 323–328.
Irma, C. N., Nisa, K. & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Masruroh, A. (2015). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 61. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.759
Morelen, D., Shaffer, A., & Suveg, C. (2016). Maternal Emotion Regulation: Links to Emotion Parenting and Child Emotion Regulation. Journal of Family Issues, 37(13), 1891–1916. https://doi.org/10.1177/0192513X14546720
Morelli, M., Cattelino, E., Baiocco, R., Trumello, C., Babore, A., Candelori, C., & Chirumbolo, A. (2020). Parents and Children During the COVID-19 Lockdown: The Influence of Parenting Distress and Parenting Self-Efficacy on Children’s Emotional Well-Being. Frontiers in Psychology, 11(October), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.584645
Nadhiroh, Y. F. (2015). Pengendalian Emosi (Kajian Religio-Psikologis tentang Psikologi Manusia). Jurnal Saintifika Islamica, 2(1), 53-63.
Nura, H. V. (2018). Hubungan Kelekatan Anak pada Ibu dengan Kemandirian di Sekolah PAUD Tasya Kota Bengkulu
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu pada Anak Selama Pembelajaran dari Rumah (Dampak Pamdemi COVID 19). Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 132-139. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(2).5820
Ratnasari, S. & Suleeman, J. (2017). Perbedaan Regulasi Emosi Perempuan dan Laki-Laki di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15(1), 35-46.
https://doi.org/10.7454/jps.2017.4
Rossman, B. B. R. (1992). School‐age Children’s Perceptions of Coping with Distress: Strategies for Emotion Regulation and the Moderation of Adjustment. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 33(8), 1373–1397. https://doi.org/10.1111/j.1469-7610.1992.tb00957.x
Sanchis-Sanchis, A., Grau, M. D., Moliner, A. R., & Morales-Murillo, C. P. (2020). Effects of Age and Gender in Emotion Regulation of Children and Adolescents. Frontiers in Psychology, 11(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00946
Siswanta, J. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). INFERENSI, 11(1), 97. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Suyanto, S. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Anak, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Wandansari, Y. (2020). Emotion Coaching Oleh Ibu Pada Anak Prasekolah. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.33508/exp.v8i1.2697
DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v5i1.21202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Smart PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Smart PAUD by http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penerbit:
Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id