Bahasa Komunikasi Anak Down Syndrome Dalam Pembelajaran: Sebuah Studi Kasus

Hadi Machmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bahasa komunikasi anak down syndrome dalam pembelajaran di sekolah luar biasa negeri di Kota Kendari. Metode yang digunakan adalah kualitatif untuk mendapatkan data yang komprehensif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara pada 4 orang anak dan 4 orang tua, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak down syndrome mengalami hambatan untuk mengomunikasikan ide-ide mereka dan berbicara kepada orang lain. Oleh karena itu, pembelajaran sebaiknya menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menanamkan konsep, seperti alat peraga, gambar berwarna, dan penggunaan huruf-huruf tebal. Kemudian, metode pengulangan setiap kosakata juga dilakukan untuk merangsang motorik halus anak yang lemah ingatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa anak yang mengalami down syndrome harus diberi stimulus setiap hari untuk mengulangi hal yang sama dan memperbaiki pengucapannya sebagai bentuk komunikasi. Guru dan orang tua harus aktif memberi umpan dan mengkoreksi pengucapan anak yang salah.


Keywords


anak down syndrome; bahasa komunikasi; pembelajaran.

Full Text:

Unduh File

References


Austeng, M. E., Akre, H., Falkenberg, E.-S., Øverland, B., Abdelnoor, M., & Kværner, K. J. (2013). Hearing level in children with Down syndrome at the age of eight. Research in Developmental Disabilities, 34(7), 2251–2256. 10.1016/j.ridd.2013.04.006

Bagattoni, S., D’Alessandro, G., Gatto, M. R., & Piana, G. (2019). Applicability of Demirjian’s Method for Age Estimation in A Sample of Italian Children with Down Syndrome: A Case-Control Retrospective Study. Forensic Science International, 298, 336–340. 10.1016/j.forsciint.2019.03.015

Choi, E. K., Lee, Y. J., Lee, H., & Jung, E. (2019). Bladder and Bowel Dysfunction in Korean Children with Down Syndrome and Parental Quality of Life. Journal of Pediatric Nursing, 49, e74–e80. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2019.09.016

Clinic, G. (2012). Tanda Gejala Down Syndrome dan Gangguan yang Menyertai. [Online] Tersedia: 1 [18 November 2014].

Dumortier, L., & Bricout, V.-A. (2019). Obstructive Sleep Apnea Syndrome In Adults with Down Syndrome: Causes and Consequences. Is It A “Chicken and Egg” Question? Neuroscience & Biobehavioral Reviews, 108, 124-138 10.1016/j.neubiorev.2019.10.018

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fitch, W. T. (2019). Animal Cognition and The Evolution of Human Language: Why We Cannot Focus Solely on Communication. Philosophical Transactions of The Royal Society B: Biological Sciences, 375(1789), 20190046. 10.1098/rstb.2019.0046

Ford, A. L. B., Elmquist, M., Merbler, A. M., Kriese, A., Will, K. K., & McConnell, S. R. (2018). Toward an Ecobehavioral Model of Early Language Development. Early Childhood Research Quarterly, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.11.004

Heidlage, J. K., Cunningham, J. E., Kaiser, A. P., Trivette, C. M., Barton, E. E., Frey, J. R., & Roberts, M. Y. (2019). The Effects of Parent-Implemented Language Interventions on Child Linguistic Outcomes: A Meta-Analysis. Early Childhood Research Quarterly, 50(1), 6–23. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.12.006

Hill, J. (2017). The Importance of the Sociohistorical Context in Sociolinguistics: The Case of Black ASL. Sign Language Studies, 18(1), 41-57. Retrieved from www.jstor.org/stable/26478211

Johnson, E. K., & White, K. S. (2019). Developmental sociolinguistics: Children’s acquisition of language variation. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science. 10.1002/wcs.1515

Mara, D. & Mara, E. L. (2011). Characteristics of Learning Process at Children with Down Syndrom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 73–78. 10.1016/j.sbspro.2011.10.015

Marshall, J., Ramakrishnan, R., Slotnick, A.L., Tanner, J.P., Salemi, J.L., dan Kirby, R.S. (2018). Family-Centered Perinatal Services for Children With Down Syndrome and Their Families in Florida. Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing, 1-12. 10.1016/j.jogn.2018.10.006

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Keperibadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306-319.

Panzeri, F., Giustolisi, B., & Zampini, L. (2019). The comprehension of ironic criticisms and ironic compliments in individuals with Down syndrome: Adding another piece to the puzzle. Journal of Pragmatics. 10.1016/j.pragma.2019.08.009

Pulina, F., Vianello, R. & Lanfranchi, S. (2019). Cognitive profiles in individuals with Down syndrome. International Review of Research in Developmental Disabilities. 10.1016/bs.irrdd.2019.06.002

Putro, B. L., Waslaluddin, Putra, R. R. J., & Rahman, E. F. (2019). Creative learning model as implementation of curriculum 2013 to achieve 21st century skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280, 032034.

1088/1742-6596/1280/3/032034

Rahmatunnisa, S., Sari, D. A., Iswan., Bahfen, M. & Rizki, F. (2020). Study Kasus Kemandirian Anak Down Syndrome Usia 8 Tahun. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. 17(2), 96-108.

Renawati., Darwis, R. S. & Wibowo, H. (2017). Interaksai Sosial Anak Down Syndrome dengan Lingkungan Sosial (Studi Kasus Anak Down Syndrome yang Bersekolah di SLB Pusppa Suryakanti Bandung). Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 129-389.

Shikano, S., & Kittel, B. (2016). Dynamics of Voting Propensity. Political Research Quarterly, 69(4), 813–829. 10.1177/1065912916663654

Usman, H., Sukandar, H. & Sutisna, M. (2014). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-24 Bulan di Daerah Konflik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 9(1), 44-49.

Valentin, C., Smidt, A., Barton, R., Wilson, N. J., & How, B. (2019). Mothers of a Child with Down Syndrome: A Qualitative Analysis of The Perspectives on Non-Invasive Prenatal Testing. Midwifery. 10.1016/j.midw.2019.06.001




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v5i1.20229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Smart PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
About license:
 
Creative Commons License
Jurnal Smart PAUD by http://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Penerbit:

Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id