Penerapan Augmented Reality Pada Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab

Aziz Musthafa, Shoffin Nahwa Utama, Dihin Muriyatmoko, Faisal Reza Pradhana, Rosa Fairoza Arafah

Abstract


Pengajaran Bahasa Arab di sejumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) biasanya dilakukan dengan metode langsung atau melalui interaksi tatap muka antara guru dan murid, menggunakan buku sebagai bahan pembelajaran utama, termasuk di MI Nurussalam. Dari hasil observasi, ditemukan kelemahan dalam penggunaan metode langsung ketika berhadapan dengan generasi saat ini yang sudah terbiasa menggunakan berbagai fasilitas multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Augmented Reality (AR) pada board game untuk pembelajaran Bahasa Arab. Aplikasi media pembelajaran dibangun berbasis mobile android dengan menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian yaitu aplikasi pembelajaran Bahasa Arab yang memuat bab olahraga, tumbuhan dan sifat-sifat manusia yang berbentuk animasi 3 dimensi. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pengujian fungsi dari aplikasi dengan metode black box, menghasilkan validasi 100%, pengujian berikutnya menggunakan kuesioner kepada ahli materi Bahasa Arab mendapatkan kepuasan 84%, serta serta penilaian didasarkan pada pengalaman pengguna menghasilkan kepuasan 90%.

Kata kunci; Augmented Reality, Android, Bahasa Arab, Board Game

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.55679/semantik.v10i1.46844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SemanTIK : Teknik Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id