PENGEMBANGAN APLIKASI KULIAH ONLINE SEBAGAI SARANA BELAJAR DAN PENILAIAN MAHASISWA DIMASA PANDEMI

Nur Fajriah Muchlis, Yuwanda Purnamasari Pasrun

Abstract


Perkuliahan online merupakan salah satu alternatif pembelajaran di perguruan tinggi yang dapat dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Sebelum masa pandemi ditetapkan di Indonesia, beberapa perguruan tinggi telah mempertimbangkan dan mengimplementasikan metode pembelajaran online sebagai salah satu strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi kuliah online berbasis mobile android yang mempunyai fitur berupa data mahasiswa, absensi online, upload dan download materi dan tugas kuliah serta penilaian (pengetahuan dan perilaku) mahasiswa yang dapat digunakan oleh dosen sebagai admin serta mahasiswa sebagai user dalam proses pembelajaran khususnya dimasa pandemi saat ini. Pembuatan aplikasi ini menggunakan model pengembangan RAD (Rapid Application Development) karena disesuaikan dengan jadwal pemakaian sistem yang mengharuskan sistem ini segera diimplementasikan.

Kata kunci; Kuliah Online, Mobile Learning, Rapid Application Development


Full Text:

PDF

References


F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” ijes, vol. 2, no. 2, pp. 81–89, Apr. 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

A. Latip, “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19,” vol. 1, no. 2, p. 9, 2020.

D. Munir and M. IT, “Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” Bandung: Alfabeta, vol. 24, 2009.

D. Zhang, J. L. Zhao, L. Zhou, and J. F. Nunamaker Jr, “Can e-learning replace classroom learning?,” Communications of the ACM, vol. 47, no. 5, pp. 75–79, 2004.

J. L. Moore, C. Dickson-Deane, and K. Galyen, “e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?,” The Internet and higher education, vol. 14, no. 2, pp. 129–135, 2011.

R. Nabilla and T. Kartika, “WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online,” j.interak.j.komun, vol. 4, no. 2, pp. 193–202, Jul. 2020, doi: 10.30596/interaksi.v4i2.4595.

A. kusnayat Watnaya, M. hifzul Muiz, Nani Sumarni, A. salim Mansyur, and Q. yulianti Zaqiah, “Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 dan Dampaknya terhadap Mental Mahasiswa,” EduTeach, vol. 1, no. 2, pp. 153–165, Jun. 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1987.

D. A. Kusumaningrum and E. Marpanaji, “Pengembangan E-Learning Dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran Di Jurusan TKJ SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 28–39, 2014.

K. Maryani, “Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19,” murhum, pp. 41–52, Jul. 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i1.4.

Y. Yuberti, “Online Group Discussion pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Fisika,” JIPFAlBiruni, vol. 4, no. 2, pp. 145–153, Oct. 2015, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.88.

Wahyuningrum, Tenia and D. Januarita, “Perancangan WEB E-Commerce dengan Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Produk Unggulan Desa”, Seminar Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (Semantik). Semarang, (2014).

N. F. Muchlis, "Monitoring Keaktifan Mahasiswa Selama Perkuliahan Online pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Absensi dan Penilaian Berbasis Mobile" Jurnal Inovasi dan Riset akademik, vol. 1, no.4, pp. 350-359, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id