ANALISIS QUALITY of SERVICE (QoS) PADA PERMAINAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN METODE PEER CONNECTION QUEUE DENGAN ANTRIAN QUEUE TREE

Nurvila Nurvila, Isnawaty Isnawaty, LM Fid Aksara

Abstract


Pengaturan bandwidth adalah hal yang sangat penting dalam layanan internet. Metode Peer Connection Queue (PCQ) melakukan pembagian bandwidth secara otomatis dan merata di antara banyak klien. Sedangkan Queue Tree melakukan pengaturan bandwidth dengan  membatasi satu arah  koneksi saja, baik koneksi untuk download maupun upload. Dengan penerapan metode PCQ dan Queue Tree diharapkan setiap pengguna yang mengakses internet bisa mendapatkan alokasi bandwidth yang sama. Penelitian dilakukan dengan membandingkan penggunaan bandwidth sebelum dan sesudah penggunaan metode PCQ dan Queue Tree.             

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai QoS setelah penerapan metode PCQ dengan Queue tree lebih baik daripada sebelum penerapan  metode. Dimana sebelum penerapan metode, nilai QoS diperoleh throughput 0,00016637 mbps, delay 375.064 ms, jitter 1.971 ms, dan packet loss 0% berdasarkan nilai QoS standar (TIPHON) dengan kategori sedang. Sedangkan setelah penerapan metode, nilai Quality of Service (QoS) yaitu throughput sebesar 0,00018318 mbps, delay 374,991 ms, jitter 1,905 ms, dan packet loss 0% berdasarkan pada   QoS standar (TIPHON) dengan kategori baik.


Kata kunci; QoS, Nirkabel, Game Online, Peer Connection Queue (PCQ), Queue Tree


Full Text:

PDF

References


M. T. Kurniawan, A. Nurfajar, O. Dwi, and U. Yunan, “Desain Topologi Jaringan Kabel Nirkabel PDII- LIPI dengan Cisco Three-Layered Hierarchical menggunakan NDLC,” ELKOMIA, vol. 4, no. 1, 2016.

S. Sukaridhoto, “Jaringan Komputer,” pp. 1–15, 2005.

R. Wulandari, “Analisis QoS (Quality Of Service) pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI),” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–172, 2016, doi: 10.28932/jutisi.v2i2.454.

V. B. Togohodoh, P. Studi, T. Informatika, F. Sains, D. A. N. Teknologi, and U. S. Dharma, “Manajemen Bandwidth Dengan Metode Peer Connection Queue (PCQ) Menggunakan Queue Tree Skripsi Bandwidth Management with Peer Connection Queue (PCQ) Method Using Queue Tree,” 2018.

M. D. Saputro, “Kepuasan Gamers sebagai Penentu Kesuksesan Pemasaran Game Online (Studi pada Pemain PUBG dan Mobile Legend),” 2015.

B. Lampung, “No Title,” vol. 12, no. 1, 2016.

Thomas, “1 , 2 1 2,” Anal. QoS (Quality Serv. Jar. Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard, vol. III, no. 2, pp. 19–24, 2014.

H. Nugroho, S. A. Siagian, A. Teknik, T. Sandhy, P. Jakarta, and A. Point, “Analisis Bandwidth Jaringan Wifi,” pp. 35–43, 2011.

N. Putri et al., “Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet pada SMK Negeri 4 Palembang,” no. 12, pp. 1–7, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id