APLIKASI DATA WAREHOUSE DAN ON-LINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP) (STUDI KASUS: PERMINTAAN DAN PEMAKAIAN OBAT DI PUSKESMAS POASIA KOTA KENDARI)

Fadhil Husni Putra, Statiswaty Statiswaty, Muh. Yamin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Aplikasi Data Warehouse dan On-Line Analytical Processing (OLAP) yang dapat digunakan untuk permintaan dan pemakaian obat yang dapat dijadikan sebagai sarana yang dapat membantu dalam proses pembuatan laporan di Puskesmas Poasia kota Kendari.

Dalam pembuatan perangkat lunak digunakan sistem operasi Windows 10 pro x64, dengan database menggunakan Microsoft SQL Server 2016, untuk ETL Tools menggunakan SQL Server Integartion Services (SSIS), menggunakan Bahasa Pemograman C#, dan untuk Editor menggunakan Microsoft Visual Studio 2013. Aplikasi yang dibuat diharapkan dapat membantu pihak Petugas dan Pimpinan Puskesmas dalam pembuatan laporan.

Dalam pembuatan laporan yang skala besar menyulitkan pihak Puskesmas Poasia dalam melakukan analisis terhadap data tersebut. Untuk dapat menangani data dalam jumlah besar dan memanfaatkannya semaksimal mungkin, diperlukan perancangan teknologi informasi yang lebih lanjut untuk dapat mengatasinya, yaitu Data Warehouse.

 

Kata kunci— Data, Data Warehouse, Informasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 semanTIK




Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id