IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD PADA URUTAN SOAL GAME EDUKASI ANAK USIA DINI

Pratiwi Nur Aisyah, Statiswaty Statiswaty, Ika Purwanti Ningrum, Sutardi Sutardi

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berdampak pada maraknya pengembangan aplikasi berbasis mobile yang menjadi tuntutan berbagai pihak termasuk lembaga pendidikan untuk segera beradaptasi khususnya dalam pengembangan media pembelajaran yang mudah digunakan. Media yang dikembangkan harus sesuai dengan karakteristik penggunanya. Untuk pengguna anak-anak banyak dikembangkan media pembelajaran yang dipadukan dengan dunia hiburan (Game Edukasi). Hal ini untuk menambah ketertarikan dalam pembelajaran. Bila dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dalam berbagai aspek game edukasi dapat dirasakan keunggulannya. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi game edukasi dengan pengacakan soal yang muncul dalam satu sesi permainan berbeda-beda dengan menerapkan Linear Congruent Method. Pengacakan soal menjadikan permainan tidak membosankan sehingga Game Edukasi ini dapat menjadi sarana dalam melatih kemampuan motorik dan kemampuan kognitif anak khususnya pada usia dini. Game ini berjalan pada platform android. Berdasarkan implementasi metode dan pengujian metode diperoleh bahwa konfigurasi parameter X, a, c dan m sangat mempengaruhi pengacakan soal. Pada penelitian ini dalam membangkitkan 10 id soal acak dari 25 id, diperoleh konfigurasi yang optimal yakni pengali (x) adalah 1, penambah (a) adalah 2, elemen seed (c) adalah 5 dan modulus (m) adalah 25.

Kata kunci; Anak, Acak, Android, Edukasi, Linear Congruent Method

Full Text:

PDF

References


G. Alfyansyah, B. Bustami, dan F. Fadlisyah, “Implementation Of Linear Congruent Method (LCM) Algorithm As A Trafficer For Fahmil Qur’an,” techsi, vol. 11, no. 1, hlm. 191, Jul 2019, doi: 10.29103/techsi.v11i1.1603.

S. Sofyan, “Penerapan Linear Congruential Generator (LCG) Dalam Perancangan Perangkat Lunak Permainan Ken Ken,” Jurnal TIMES, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jun 2016.

F. F. S. & H. Y. Setiawan, “Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun Pada Pembelajaran Berbasis Komputer Anak Usia Dini,” RESEARCH FAIR UNISRI, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Mei 2017, doi: 10.33061/rsfu.v1i1.1542.

M. G. Arizqia dan A. A. Widodo, “Rancang Bangun Aplikasi Dengan Linear Congruent Method (LCM) Sebagai Pengacakan Soal,” JOINTECS, vol. 2, no. 1, Jan 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i1.412.

A. Zulkarnais, P. Prasetyawan, dan A. Sucipto, “Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Lampung Pada Platform Android,” JPIT, vol. 3, no. 1, hlm. 96–102, Jan 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i1.621.

S. Ahdan, A. Sucipto, dan Y. Nurhuda, “Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android Game to Stimulate Children’s Multiple Intelligence Based on Android,” dalam Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati, Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati, Mar 2020.

“Sebanyak 67,88% Penduduk RI Gunakan Telepon Genggam pada 2022.” Diakses: 12 Desember 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://dataindonesia.id/telekomunikasi/detail/sebanyak-6788-penduduk-ri-gunakan-telepon-genggam-pada-2022

P. P. Arhandi, Y. Pramitarini, dan R. Alviandra, “Desain Prototype Frontend Auto Generator Based On REST API,” 1, hlm. 389–393, 2019.

R. F. Ramadhan dan R. Mukhaiyar, “Penggunaan Database Mysql dengan Interface PhpMyAdmin sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Raspberry Pi,” JTEIN, vol. 1, no. 2, hlm. 129–134, Nov 2020, doi: 10.24036/jtein.v1i2.55.

R. B. D. Putra, E. S. Budi, dan A. R. Kadafi, “Perbandingan Antara SQLite, Room, dan RBDLiTe Dalam Pembuatan Basis Data pada Aplikasi Android,” Jur. Ris. Kom., vol. 7, no. 3, hlm. 376, Jun 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i3.2161.

A. Admin dan Y. Istiana, “Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, vol. 20, no. 2, Art. no. 2, Nov 2017.

G. S. Fishman dan L. R. Moore, Iii, “An Exhaustive Analysis of Multiplicative Congruential Random Number Generators with Modulus $2^{31} - 1$,” SIAM J. Sci. and Stat. Comput., vol. 7, no. 1, hlm. 24–45, Jan 1986, doi: 10.1137/0907002.

M. Christianti, “Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini,” JPA, vol. 1, no. 1, Feb 2015, doi: 10.21831/jpa.v1i1.2923.

D. Chairilsyah, “Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood,” jpud, vol. 13, no. 1, hlm. 1–14, Apr 2019, doi: 10.21009/10.21009/JPUD.131.01.

W. Eka Jayanti, M. Eva, dan N. Fahriza, “Game Edukasi ‘Kids Learning’ Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android,” kopertip, vol. 2, no. 2, hlm. 98–104, 2018, doi: 10.32485/kopertip.v2i2.56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id