IMPLEMENTASI GEOJSON PADA PEMETAAN KAWASAN KUMUH KOTA BAU BAU MENGGUNAKAN JQUERY AJAX DAN MAPBOX

Muh Farid Fachroni, La Ode Muhammad Golok Jaya, Ika Purwanti Ningrum

Abstract


Padatnya pemukiman penduduk suatu daerah dan kondisi ekonomi yang rendah dapat menimbulkan kawasan yang tidak bersih dan identik dengan permasalahan kumuh. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam memperhatikan keadaan kawasan kumuh agar dapat menanganinya secara berkelanjutan serta mengubah kawasan kumuh menjadi kawasan yang layak huni.

Sistem ini diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berupa aplikasi berbasis web GIS yang menerapkan arsitektur client dan server dimana cilent mengakses API server dalam pengambilan, pengiriman, penyuntingan dan penghapusan data. Aplikasi ini tersematkan Mapbox yang berfungsi untuk merendering file GeoJSON yang perintahnya dipanggil menggunakan jQuery Ajax. Kedua aplikasi ini dibangun menggunakan Codeigniter yang berbasis bahasa pemrograman PHP pada sisi client dan server juga dengan tambahan jQuery Ajax dan Mapbox pada sisi client.

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengujian terhadap sistem telah berhasil dilakukan dengan baik, bebas dari kesalahan sintaks sehingga bisa dikatakan secara fungsional aplikasi telah berjalan dengan cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan menghasilkan output sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Kata Kunci; Kawasan Kumuh, GeoJSON, Web GIS, jQuery Ajax, Mapbox

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang No 1 Tahun, “Presiden Republik Indonesia,” 2011.

Redaksi, “Kotaku : Kota Tanpa Kumuh,” Kotaku.Pu.Go.Id, pp. 2–3, 2017, [Online]. Available: http://kotaku.pu.go.id/view/3879/pembangunan-ekonomi-dalam-konsep-pembangunan-berkelanjutan.

Eny Endang Surtiani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terciptanya Kawasan Permukiman Kumuh Di Kawasan Pusat Kota”, 2006.

Asep Hariyanto, “Strategi Penanganan Kawasan Kumuh Sebagai Upaya Menciptakan Lingkungan Perumahan Dan Permukiman Yang Sehat (Contoh Kasus : Kota Pangkalpinang),” J. Perenc. Wil. dan Kota UNISBA, vol. 7, no. 2, pp. 11-37–37, 2007.

M. P. U. D. P. Rakyat and R. Indonesia, "Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh Dan Permukiman Kumuh", 2016.

Andree Ekadinata, S. Dewi, D. P. Hadi, D. K. Nugroho, and F. Johana, "Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam. Buku 1: Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source", 2008.

Eddy Prahasta, "Konsep-konsep dasar sistem informasi geografis", Bandung, 2009.

A. Wulandari, “Sistem Informasi Permohonan Izin Mendirikan Bangunan Berbasis Webgis,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.

D. C. Winata, “Implementasi Geojson Dengan Marker Dinamis Studi Kasus Objek Pariwisata Kabupaten Ngawi Jawa Timur Berbasis Web,” STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, 2019.

I. Y. B, “Aplikasi Pengolahan Citra Berbasis Web Menggunakan Javascript Dan Jquery,” J. Tek., vol. 3, no. 3, pp. 1–8, 2014, [Online]. Available: http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2015/01/3-IndraYatini-April-2014.pdf.

A. Kadir, Mastering Ajax dan PHP. 2009.

T. D. Prasetyaningrum, N. Rahardjo, R. I. Rosyadi, F. Geografi, U. Gadjah, and M. Yogyakarta, “Penyusunan Atlas Wisata Museum Berbasis Web Daerah Istimewa Yogyakarta,” 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id