RANCANG BANGUN APLIKASI KANOPI OTOMATIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO

Elsa Meilan, Isnawaty Isnawaty, Muh Yamin, Fitriah Fitriah

Abstract


Salah satu teknologi yang dikembangkan saat ini adalah mikrokontroler. Seiring dengan perkembangan mikrokontroler, saat ini banyak mikrokontroler diterapkan pada instrumen yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Aplikasi kanopi otomatis berbasis Android menggunakan Tsukamoto Fuzzy logic berfungsi sebagai atap kanopi yang dapat melindungi kendaraan yang berada di halaman teras rumah. Aplikasi alat kanopi dibuat secara otomatis yang juga dapat dipantau atau dikendalikan melalui Android. Alat kanopi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah sendiri, sehingga pemilik rumah dapat membuka dan menutup kanopi melalui Android kapan saja dan di mana saja. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa fungsi aplikasi kanopi otomatis berbasis Android dapat berjalan dengan baik. Alat ini dikendalikan oleh tiga sensor yaitu sensor LDR (Light Dependent Resistor), sensor suhu DHT11, dan sensor air dan memiliki output motor stepper. Alat ini menggunakan NodeMCU ESP8266 yang digunakan untuk menggerakkan motor stepper dan terhubung ke Android

Kata kunci; Kanopi otomatis, NodeMCU ESP8266, Android, Tsukamoto

Full Text:

PDF

References


Ambarita, J., P, R. A., & Wibowo, A. S, "Rancang bangun prototipe smarthome berbasis internet of things (IoT) menggunakan Aplikasi Blynk dengan modul ESP 8266 design smarthome prototype based in iot using blunk application with the ESP module 8266", internet technology and other communication me. 6(2), 3006–3013, 2019.

Handaru, A. A., Afroni, M. J., Basuki, B. M., Elektro, M. T., Program, D., Teknik, S., & Malang, U. I, "Rancang Bangun Alat Pendeteksi Hujan Otomatis Menggunakan Modul Gsm Berbasis Mikrokontroler Atmega 328P", Riset Unisma, 25–30, 2019.

Ihsanto, E., & Dawud, M, "Sistem Monitoring Lampu Penerangan Jalan Umum Menggunakan Mikrokontroler Arduino Dan Sensor Ldr Dengan Notifikasi SMS". Jurnal Teknologi Elektro, 7(2), 101–105, 2016.

Juansyah, A. "Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android". Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8, 2015.

Puspita, E. S., & Yulianti, L. "Perancangan Sistem Peramalan Cuaca Berbasis Logika Fuzzy". Jurnal Media Infotama, 12(1), 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id