SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB UNTUK INVENTARISASI KONDISI JEMBATAN SULAWESI TENGGARA

Edward Ngii, Abdul Kadir, LM Fid Aksara, Nur Fajriah Muchlis, Muh. Sholeh

Abstract


Program penanganan jembatan membutuhkan informasi yang cepat dan akurat untuk menentukan skala prioritas penanganan jembatan. Disisi lain, penilaian kondisi jembatan yang jumlahnya banyak dan tersebar di wilayah kepulauan seperti di Sulawesi Tenggara, akan membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang besar. Perancangan sistem informasi jembatan berbasis web dengan mengintegrasikan sistem penilaian BMS (Bridge Management System) di lapangan, dapat membantu proses pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah Sistem Informasi Manajemen Jembatan yang berbasis web yang dapat mengolah data kondisi jembatan, membantu dalam pengambilan keputusan, serta memberikan layanan data kepada masyarakat untuk melihat kondisi dan lokasi jembatan yang tersebar di Provinsi Sulawesi Tenggara. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Hasil dari pembuatan sistem informasi ini berupa inventarisasi data kondisi jembatan di wilayah Sulawesi Tenggara dan skala prioritas penanganan jembatan di masing-masing wilayah kota dan kabupaten. Sistem informasi yang telah dibuat menjadi lebih menarik karena menggunakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses oleh masyarakat umum dan juga membantu stakeholder untuk memonitoring kondisi dalam melakukan perbaikan kerusakan jembatan.

Kata kunci; Sistem Informasi, Jembatan, Web Based, PHP, MySQL


Full Text:

PDF

References


Trias Aditya, "Perencanaan Dan Penyelesasian Masalah Infrastruktur Perkotaan Melalui Integrasi SIG Kolaboratif Dan SIG Partisipasi Publik," Jurnal Ilmiah Geomatika, 2009.

Akhmad Ph.D Ilham, Ade ST Masrilayanti Ph.D Suraji, "Perbandingan Life Cycle Cost Antara Jembatan Rangka Baja Dengan Girder Beton," Annual Civil Engineering Seminar, pp. 193-200, 2015.

Ludfi Djakfar, Yulvi Zaika Hendrig Sudradjat, "Penentuan Prioritas Penanganan Jembatan Pada Jaringan Jalan Provinsi Jawa Timur," Rekayasa Sipil, pp. 219-228, 2015.

Direktorat Jendral Binamarga, "Tata Cara Pelaksanaan Survai Inventarisasi Jalan Dan Jembatan Kota," 1990.

Kementerian PUPR, Sistem Manajemen Jembatan. Indonesia, 2017.

Japerson hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish, 2014.

Astria, Wowor, Hans F, Najoan, Xaverius Firman, "Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web," E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 29-36, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id