IMPLEMENTASI METODE FUZZY MAMDANI PADA SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT TANAMAN PADI

Najirah Umar, Seni Asria, Sakinah Sakinah

Abstract


Petani terkadang menghadapi berbagai jenis permasalahan seperti menurunnya hasil panen dan bisa terjadi gagal panen, hal ini disebabkan karena tanaman padi banyak diserang oleh berbagai jenis penyakit. Pengendalian berbagai penyakit pada tanaman padi membutuhkan pengetahuan yang luas agar tidak menimbulkan dampak buruk pada ekosistem dan lingkungan jika salah dalam mendiagnosis penyakit tanaman padi. Selain itu kemampuan penyuluh pertanian untuk menjangkau seluruh petani yang sangat terbatas karena wilayah pertanian yang luas sedangkan jumlah penyuluh kurang. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Fuzzy Mamdani pada sistem pakar diagnosis penyakit tanaman padi. Data penelitian yang digunakan dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi, lalu diolah dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani dan desain penelitian yang digunakan adalah UML yang dirancang dalam model use case diagram untuk menggambarkan aktivitas sistem. Tahapan yang dilakukan adalah membentuk himpunan Fuzzy Mamdani, menentukan aturan, serta Defuzzifikasi.  Dengan proses tersebut diharapkan bisa mendapatkan suatu hasil  diagnosis penyakit tanaman padi..Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat memberikan informasi mengenai penyakit tanaman padi dan dapat mendiagnosis gejala–gejala penyakit tanaman padi, serta solusi penanggulangannya, yang nantinya dapat digunakan untuk mengurangi atau memperkecil resiko kerusakan tanaman.

Kata kunci; Fuzzy Mamdani, Sistem Pakar, Tanaman Padi


Full Text:

PDF

References


R. D. Prastyo and D. A. Puryono, “Sistem Informasi Pendeteksi Hama Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android,” vol. 10, no. 2, pp. 63–69, 2018.

R. Aqmarina, Muliadi, and D. Kartini, “ANALISIS DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PADI DENGAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM DAN CERTAINTY FACTOR,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 110–121, 2018.

A. H. Nasyuha, M. Hutasuhut, and M. Ramadhan, “Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Menentukan Stok Produk Herbal Berdasarkan Permintaan dan Penjualan,” vol. 3, no. 4, pp. 313–323, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i4.1354.

R. Primartha and N. Fathiyah, “Sistem Pakar Fuzzy Untyuk Diagnosis Kanker Payudara Menggunakan Metode Mamdani,” J. Generic, vol. 8, no. 1, pp. 188–197, 2013.

H. Hidayat, R. Putri, and W. Mahmudy, “Sistem Pakar Penentuan Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Fuzzy Inference System Mamdani,” Wayanfm.Lecture.Ub.Ac.Id, no. 3, pp. 1–8, 2014.

S. Widaningsih, “Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto, Mamdani dan Sugeno dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Distribusi Raskin di Bulog Sub. Divisi Regional (Divre) Cianjur,” Infoman’s, vol. 11, no. 1, pp. 51–65, 2017, doi: 10.33481/infomans.v11i1.21.

A. Ikhwan, S. B. Siagian, S. Mawaddah, M. Annisah, and S. Informasi, “PENERIMA BERAS RASKIN DENGAN METODE FUZZY,” vol. 9, no. 2, pp. 457–463, 2019.

R. A. Septiawan, “Implementasi logika fuzzy mamdani untuk menentukan harga gabah,” Skripsi Dinusacid, pp. 1–13, 2009.

H. K. Sri Purnomo, Aplikasi Logika Fazzy. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 semanTIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editor's Address :

Informatics Engineering Department of Halu Oleo University, Engineering Faculty Building 3rd Floor
H.E.A. Mokodompit Street, Bumi Tridharma Green Campus, Halu Oleo University

Telp. (0401) 3196237
Fax. (0401) 3195287
Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/index
E-mail: semantik.informatika@uho.ac.id