PERAN GURU DALAM MEMBINA MORAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIOTAPINA

Hizrah Alimin, Abdul Halim Momo, Wa Ode Hijrah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina, (2) Untuk mengetahui hambatan bagi guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian dengan memberikan gambaran, data, dan informasi tentang peran guru dalam membina moral siswa dan hambatan dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina, yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai model, peran guru sebagai motivator, dan peran guru sebagai komunikator. (2) Hambatan bagi guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina, yaitu Kurangnya partisipasi guru dalam memberikan pembinaan moral kepada siswa, Kebiasaan-kebiasaan yang tradisional oleh para guru sulit sekali untuk dibuang atau dihilangkan, dan Tidak ada keikut sertaan para guru dalam usah-usaha memberikan penanaman moral siswa.


Keywords


Peran; Guru; Moral

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (2013). Peran Guru PKn Terhadap Pembentukan Moral Siswa Di SMP Negeri 10 Palu.

Astutik, Y. (2013). Strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 317-332.

Connel WF. (1972). Peran guru dalam peningkatan moral. Jakarta. UTM Ardelfer.

Fauzi, Fadi Yudia dkk. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.

Feriandi, Yoga Ardian dan Galih Puji Mulyoto. (2017). Peran Guru PPKn Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Moral Bagi Generasi Muda. Prosiding.

Handaka, I. B., & Maulana, C. (2017). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Gerakan Literasi Nasional. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 227-237).

Haradi, Nawawi. (1982). Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Juliana. (2010). Bentuk Pembinaan Moral Pada Siswa SMP Integral Hidayatullah Kendari.Skripsi.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Masruddin. (2018). Peran Guru Dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi Kasus SMP Negeri 3 Tomia Kec.Tomia Timur Kab.Wakatobi). Skripsi.Universitas Halu Oleo.

Mulkan, K. (2016). Hubungan kontrol diri dan harga diri dengan kecerdasan moral siswa SMK Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 8(2), 88-89. https://doi.org/10.31289/analitika.v8i2.866.

Ni’mah, F. U. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus Of Control Internal, Peran Guru Pamong Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2).

Riyandani, H. N. (2017). Pembinaan moral anak di SLB YPLB (Yayasan Pendidikan Luar Biasa) Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Unnes Civic Education Journal, 3(2).

Suharyanto, A. (2013). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 1(2), 12. https://doi.org/10.31289/jppuma.v1i2.563.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/selami.v14i1.18452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Selami IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal has been Indexed by:  

 

Smiley face

Penerbit

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo,
Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia

 

View My Stats