POLA PEMBINAAN KARAKTER KEBANGSAAN DI LINGKUNGAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 4 KENDARI

Elawati Elawati, Misran Safar, Nerlin Nerlin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan karakter kebangsaan di lingkungan Pondok Modern Darussalam  Gontor Putri 4 Kendari dan faktor yang mempengaruhi pola pembinaan karakter kebangsaan di lingkungan Pondok modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah ustadz/ustazah dan 5 orang santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan  bahwa 1) Pola pembinaan karakter kebangsaan yang dilakukan kepada para santri di lingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari terdiri dari  pembinaan terprogram melalui kegiatan dan kehidupan santri selama dalam lingkungan pesantren, proses pengajaran dalam lingkungan pesantren, keteladanan, pembiasaan atau habituasi santri  dan pemberian punishment dan reward  kepada santri dalam kehidupan di lingkungan Pondok Modern Darussalam  Gontor Putri 4 Kendari.  2). Faktor yang mempengaruhi pola pembinaan karakter kebangsaan dilingkungan Pondok Modern Darussalam  Gontor Putri 4 Kendari adalah mencakup intelegensi dan kecerdasaran santri, motivasi santri, lingkungan pesantren,  sarana dan prasarana penunjang serta tenaga pendidik yaitu ustadz dan ustazah yang mempengaruhi dalam proses pembinaan karakter kebangsaan santri dilingkungan pesantren Modern Darussalam  Gontor Putri 4 Kendari.


Keywords


Pembinaan; Karakter kebangsaan; Pesantren Modern

Full Text:

PDF

References


Asmaun Sahlan. 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang hal. 139-149.

Azamiyah. 2017. Konsep Pendidkan Karakter dalam Al-Quran Surah Alhujarat ayat 11 -13. Jurnal UNSIQ Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Beachum, FloydD., et.al. 2015. “Support and Importance Of Character Education: PreServiceTeacherPerceptions”. Journal of Education and Practice, Vol. 11, No. 3, hlm. 34-42.

Dalmeri.2014. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum Volume. 14 Nomor 1, Juni 2014 Hal 269-288.

Darmiyati, dkk. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”. Cakrawala Pendidikan, Vol. 2. No. 4, hlm. 22-24.

Fitri, A. 2018. Pendidikan karakter prespektif al-Quran hadits. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 258- 287.

Karim, Abdul. 2015. menakar keberhasilan manajemen pendidikan pesantren. Jurnal STAIN KUDUS

Kelishadroky, dkk. 2016. The Role of Reward and 110 Ulfah et al. Pembetukan karakter disiplin santri Punishment in Learning. Internasional Journal of advanced Biotechnology and Research, 780-788

Muchtarom, Zaini.1998. Islam di Jawa dalam Perspektif Santri dan Abangan, Jakarta: Salemba Diniyah

Prasetyo, Danang. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru. HARMONY. ISSN 2548-4621E-ISSN 2548-4648

Saleh, Meylan. 2012. Peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter anak usia dini di PAUD sekecamatan Limboto. Jurnal Ilmu Pendidikan PEDAGOGIKA, Volume 03 Nomor 04, Desember.

Soepriyanto, Yerry.2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal JKTP Volume 1, Nomor 2, Juni 2018

Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan local. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012.

Suyono.2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi, Jakarta: Rineka Cipta

Thalib, Abdul.2015. Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Risaalah, Vol. 1, No. 1, Desember 2015.

Wahyuni, Tanshzil Sri. 2012. Model Pembinaan Pendidikan Karakter pada Lingkungan Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri (sebuah Kajian Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan). Jurnal Penelitian Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 13 No. 2 Oktober, hal 1-18




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/selami.v14i1.16499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal has been Indexed by:  

 

Smiley face

Penerbit

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo,
Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia

 

View My Stats