EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (Studi pada Kantor Unit Pelaksana Teknik Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Kendari)

HASLINDA HASLINDA

Abstract


Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang. Pengumpulan data ini dilakukan melaui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan data hasil observasi di lapangan serta jawaban informan yang telah diolah dan dianalisis sebelumnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian kendaraan adalah serangkaian kegiatan menguji atau memeriksa bagian-bagian kendaraan secara teknis dan administrasi agar layak digunakan dijalan raya, dalam proses pengujian ini dapat diketahui tingkat efektivitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor melalui waktu, kecermatan serta gaya pemberiannya sudah dapat dikatakan baik. Selain itu berdasarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pelayanan pengujian kendaraan bermotor yaitu faktor kesadaraan, faktor sistem, prosedur dan metode, faktor organisasi, faktor pendapatan, faktor kemampuan dan keterampilan serta faktor sarana pelayanan. Dari hasil observasi yang dilakukan pelayanan yang dilakukan sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat melalui faktor sarana pelayanan yang masih kurang dikarenakan masih banyak alat yang sudah rusak dan tidak digunakan lagi untuk pengujian kendaraan bermotor.

Kata Kunci : Efektivitas dan Pelayanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X