INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM APLIKASI LAYANAN DAN MANAJEMEN SULAWESI TENGGARA PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Nyoman Ningsih Utami, Makmur Kambolong, Nurjannah Nurjannah, Siti Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk mengetahui bentuk inovasi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui aplikasi SALAM Sultra. (2) untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mendukung pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SALAM Sultra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk inovasi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui aplikasi SALAM Sultra yaitu penciptaan aplikasi SALAM Sultra untuk meminimalisir sistem antrian pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta memberikan informasi yang akurat, pelaksanaan proses ditandai dengan pemantauan progres secara berkala terhadap aplikasi SALAM Sultra namun belum dapat diakses melalui google play store sehingga masyarakat luas belum dapat mengakses aplikasi tersebut, produk yaitu berupa aplikasi SALAM Sultra, Jasa dilakukan oleh berbagai pihak terkait, dan menerapkan metode penyampaian yang secara signifikan meningkatkan efektivitas, efisiensi atau kualitas hasil yaitu secara online melalui aplikasi SALAM Sultra. (2) Faktor-faktor yang dapat mendukung inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SALAM Sultra mempunyai empat indikator yang sesuai dengan teori Borins Dwanto (2014: 110-111), yaitu: tujuan program harus sesuai dengan maksud dan tujuan program. organisasi, staf, pengguna terampil dan memberdayakan pemimpin, memperkenalkan atau mensosialisasikan program, menerapkan inovasi dengan cepat untuk mencegah hilangnya fokus dan momentum. Dan salah satu indikator yang tidak sesuai dengan teori Dhewanto dari Borins (2014: 110-111) adalah diperlukannya keterlibatan pihak swasta dan/atau sukarela

Keywords


Inovasi, Pelayanan Publik, SALAM Sultra.

Full Text:

PDF

References


Afriana, riza devi. (2017). INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI MELALUI APLIKASI NEW LAIKA DI KELURAHAN KORUMBA KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(November), 5–24.

Aguayo Torrez, M. V. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Tuban Public Report. 1–17.

Ariyani, A., Mindarti, L. I., & Nuh, M. (2016). Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Kesehatan Melalui Program Gebrakan Suami Siaga di Puskesmas Gucialit Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(4), 156–161. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2016.002.04.4

Azmy, A., Ahzani, F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). 76-Article Text-547-2-10-20220720. 1(6), 206–213.

Badri, K. (n.d.). Efektifitas Inovasi Pelayanan Publik Pada Gerai Pelayanan Publik (GP2) Di Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Roken. 7(1501121255), 1–15.

Belakang, A. L. (n.d.). Inu Kencana Syafiie,2013, Ilmu Pemerintahan, Jakarta: Bumi Aksara, hal.1 1. 1–22.

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). 済無No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Fajrianti, S. P. (2021). Aplikasi Simponie sebagai Inovasi Pelayanan Publik untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan di Kota Tangerang Selatan. Epistemik: Indonesian Journal of Social and …, 2(1), 13–26. https://journal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/view/45%0Ahttps://journal.epistemikpress.id/index.php/Epistemik/article/download/45/36

Fauzyiah, S. (2017). Inovasi Layanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online Di Polresta Sidoarjo. Publika, 5(5), 1–127.

Guarango, P. M. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Penggunaan Aplikasi Pendaftaran Antrian Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Pekan Baru. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Hidayati, N. (2016). E-goverment Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan e-Samsat Jatim di Kabupaten Gresik). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(3), 1–8.

Hanna, M. T. (2022). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI TUBAN PUBLIC REPORT (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban). https://eprints.umm.ac.id/97607/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/97607/1/PENDAHULUAN.pdf

Lahutung, D. A., Sambiran, S., & Pengemanan, F. (2021). Efektivitas Program Pajak Online Terpadu (Ponter) Dalam Rangka Inovasi Pelayanan Publik. Efektivitas Program Pajak Online Terpadu (Ponter) Dalam Rangka Inovasi Pelayanan Publik, 1(1), 1–8.

Marande, Y. (2017). Jurnal Ilmiah Administratie. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(73), 33–39.

Name, C., Name, T., Revd, R. T., Lungile, L., World Economic Forum, Fitzpatrick, T., Modeling, L. M., Measurement, F., Snowrift, O. N., Environmental, A. R., Regional, S. S., Power, E., Limited, G. C., Influence, T. H. E., Snow, O. F., On, F., Around, S., Embankment, T. H.

E., Wind, I. N., … End, F. Y. (2021). inovasi layanan online pada penerbitan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) Di Polda. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS (ADMINDUK INKLUSIF) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BULUKUMB. In Global Health (Vol. 167, Issue 1). https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Pramesti, S. J., Handoko, R., & Widodo, J. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Si Whapik Pada Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1, 56–60. https://dinsos.bojonegorokab.go.id/menu/detail/1/TentangDinasSosial

Pranita, N. S., Rochmah, S., & Sukanto. (2013). 82971-ID-inovasi-administrasi-kepegawaian-dengan. Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 2008–2013.

Sari, F. J., & Mardhiah, N. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Izin Mendirikan Bangunan Di Kota Bukittinggi. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 754–765. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.443

Silmi Ilman. (2019). Kualitas Pelayanan AdministratifDi Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6, 23–34.

Tui, F. P., Ilato, R., & Katili, A. Y. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 254–263. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.338

Zulfadli, M. (2019). Inovasi Pelayanan Berbasis Smart City Di Kota Makassar. 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Nyoman Ningsih Utami, Makmur Kambolong, Nurjannah Nurjannah,

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X